Surat Al-Qari’ah Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

مَا ٱلْقَارِعَةُ

Arab-Latin: Mal-qāri'ah

Artinya: Apakah hari Kiamat itu?

« Al-Qari'ah 1Al-Qari'ah 3 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Surat Al-Qari’ah Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qari’ah Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan kumpulan penjelasan dari berbagai ulama tafsir berkaitan makna surat Al-Qari’ah ayat 2, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apa itu hari kiamat?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Apakah Hari yang menggetarkan hati manusia karena kedahsyatan huru-haranya itu?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2-3. Apakah itu kiamat? Istifham (pertanyaan) itu digunakan untuk membesarkan dan mengagungkan perkara tentangnya. Apakah kamu mengetahui apa itu kiamat wahai manusia? kamu tidak akan mengetahui dan tidak akan dapat membayangkannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apakah hari kiamat itu} Apakah hari kiamat itu?


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-3. “Hari Kiamat.” Al qoriah Adalah salah satu nama Hari Kiamat. Disebut demikian karena Hari Kiamat amat menggelisahkan dan merisaukan manusia karena huru-haranya. Karena itu Allah mengagungkan perihal Hari Kiamat dengan FirmanNya, “Hari Kiamat. Apakah Hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah Hari Kimat itu?”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-11
Al-Qari'ah adalah salah satu hari kiamat, seperti Al-Haqqah, Ath-Thammah, Ash-Shakhkhah, Al-Ghasyiyah, dan lainnya.
Kemudian Allah SWT menggambarkan tentang kedahsyatan dan kengeriannya: (Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? (3)) Kemudian Dia menjelaskannya dengan firmanNya: ((yaitu) pada hari manusia seperti anai-anai yang bertebaran (4)) yaitu mereka menyebar tercerai-berai, ke sana kemari karena kebingungan atas apa yang mereka alami, seakan-akan mereka anai-anai yang bertebaran. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam ayat lain: (seakan-akan mereka belalang yang beterbangan) (Surah Al-Qamar: 7)
Firman Allah SWT: (dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan (5)) yaitu, gunung-gunung di hari itu seakan-akan seperti bulu domba yang dihambur-hamburkan sehingga lenyap dan porak-poranda.
Qatadah berkata tentang firmanNya, "Al-'ihni" bahwa maknannya adalah adalah bulu domba.
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang apa yang akan dialami orang-orang yang beramal dan tempat kembali mereka, yang adakalanya di tempat yang mulia atau tempat yang terhina sesuai dengan amal perbuatan mereka. Jadi Allah SWT berfirman: (Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya (6)) yaitu, timbangan kebaikannya lebih berat daripada timbangan keburukannya (maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (7)) yaitu di surga (Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya (8)) yaitu timbangan keburukannya lebih berat daripada timbangan kebaikannya.
Firman Allah: (maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah (9)) Dikatakan bahwa maknanya adalah terjatuh ke dalam neraka dengan kepala di bawah, yaitu neraka Jahanam.
Diriwayatkan dari Qatadah, dia berkata bahwa maknanya adalah neraka, dan neraka itu adalah tempat kembali mereka. Oleh karena itu Allah berfirman seraya menjelaskan tentang Hawiyah, yaitu. (dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (10) (Yaitu) api yang sangat panas (11))
Firman Allah: ((Yaitu) api yang sangat panas (11)) yaitu amat sangat panas dan sangat kuat nyala dan gejolak apinya.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Api Bani Adam yang biasa kalian nyalakan merupakan suatu bagian dari tujuh puluh bagian api neraka Jahanam”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Apa yang kamu ketahui tentang hari kiamat, dana bagaimana kengerian peristiwa pada hari itu ? tidak siapapun yang mengetahuinya kecuali Allah - عز وجل - .

Pertanyaan diatas ditujukan kepada manusia, ya kepada diri manusia, karena manusia dalam keadaan lalai dari megingat hari kiamat itu, mereka tidak berusaha untuk selalu mengingatnya, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi peristiwa yang menakutkan pada hari itu, manusia lalai seakan-akan mereka akan selamat dari peristiwa kiamat yang menakutkan itu, Allah - عز وجل - mengingatkan kita agar segera bangkit dari kelalaian dan mempersiapkan diri untuknya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Dan Firman-Nya: مَا الْقَارِعَةُ "Apa Itu hari kiamat" kata ماَ [Ma: Apa itu] adalah istifhaam (kata tanya) yang bermakna pengagungan dan pembesaran. Yakni: Apakah hari kiamat yang mengagetkan itu?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qari’ah ayat 2: 1-3. Allah memulai dengan penyebutan nama dari nama-nama hari kiamat dan ia adalah Al Qari’ah dimana timbul pada hati manusia penyesalan karena sebab keadaan hari kiamat, yang urusannya mengerikan (dan) yang menimbulkan pertanyaan : Sesuatu yang seperti apa Al Qari’ah ini ? Kemudian Allah tambahkan rasa penasaran dengan berkata : Apakah engkau tahu wahai Nabi Allah apa Al Qari’ah itu ?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kalimat ini untuk membesarkan perkaranya, demikian pula kalimat setelahnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qari’ah Ayat 2

1-2. Hari kiamat yang mengerikan; apakah hari kiamat itu' Allah mengulang penyebutan kata 'al-q'ri'ah' untuk menggugah perhatian manusia tentang kengeriannya dan peristiwa-peristiwa dahsyat yang terjadi pada hari itu. 3. Allah mengulangi sekali lagi pertanyaan itu agar manusia semakin tergugah, 'dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu''.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penafsiran dari banyak mufassirin terhadap makna dan arti surat Al-Qari’ah ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita semua. Dukunglah dakwah kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dilihat

Baca berbagai materi yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Yusuf 4, Alhamdulillah, Al-Baqarah 183, Ali ‘Imran 159, Al-Fil, Al-Ma’un. Termasuk At-Tin, Inna Lillahi, Al-Fath, Al-Bayyinah, Al-Insyirah, Al-‘Alaq.

  1. Yusuf 4
  2. Alhamdulillah
  3. Al-Baqarah 183
  4. Ali ‘Imran 159
  5. Al-Fil
  6. Al-Ma’un
  7. At-Tin
  8. Inna Lillahi
  9. Al-Fath
  10. Al-Bayyinah
  11. Al-Insyirah
  12. Al-‘Alaq

Pencarian: al-infitar, surah almujadilah ayat 11, surat ath thariq, al mauun, surat al anbiya ayat 19-20

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: