Surat Al-Insyirah Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนู’ู†ูŽุง ุนูŽู†ูƒูŽ ูˆูุฒู’ุฑูŽูƒูŽ

Arab-Latin: Wa waแธa'nฤ 'angka wizrak

Artinya: Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

ยซ Al-Insyirah 1 โœต Al-Insyirah 3 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Al-Insyirah Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Insyirah Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran berharga dari ayat ini. Ada beraneka penjelasan dari beragam mufassir berkaitan isi surat Al-Insyirah ayat 2, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-2. Bukankah kami telah melapangkan dadamu (wahai nabi) untuk menerima syariat syariat agama,dakwah kepada Allah,dan menghiasi diri dengan keluhuran akhlak, Serta kami meringankan beban darimu dengan itu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

2-3. Dan Allah telah menghilangkan darimu adat-adat kaum jahiliyah yang tidak sesuai dengan ketinggian fitrahmu yang memberatkan pundakmu. Maka Allah mengampuni segala dosamu yang telah berlalu dan yang akan datang, memberimu petunjuk kepada kebenaran, dan menghilangkan keraguanmu.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Kemudian Kami hapuskan dosamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนู’ู†ูŽุง ุนูŽู†ูƒูŽ ูˆูุฒู’ุฑูŽูƒูŽ (dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu)
Yakni Kami telah menghapus darimu perbuatan yang kamu lakukan di masa jahiliyah.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1-3 .
1 ) . Diriwayatkan dari Hafsh bin Hamid ia berkata : Ziyad bin Hadir berkata kepadaku : "bacakanlah kepadaku surah ini", kemudian aku pun membacakan untuknya : { ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุดู’ุฑูŽุญู’ ู„ูŽูƒูŽ ุตูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽ , ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนู’ู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ูƒูŽ ูˆูุฒู’ุฑูŽูƒูŽ , ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฃูŽู†ู’ู‚ูŽุถูŽ ุธูŽู‡ู’ุฑูŽูƒูŽ } kemudian ia berkata : "wahai Ibnu Ummi ziyad, beban telah memberatkan punggung Rasulullah ?! - yakni : Jika beban telah memberatkan punggung rasulullah, lalu bagaimana dengan kamu ?! , kemudian dia menangis seperti tangisan bayi.

2 ) . Apakah akmu merasakan beratnya beban itu ? { ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุดู’ุฑูŽุญู’ ู„ูŽูƒูŽ ุตูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽ , ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนู’ู†ูŽุง } seprti itulah dosa : memberatkan punggung siapapun yang memilikinya dan melemahkan siapa saja yang tersisa dalam hatinya perasaan itu... adapun Rasulullah telah diampuni baginya segala dosa-dosa yang telah berlalu dan yang akan datang, lalu bagaimana dengan dosa saya dan dosamu ? .


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2-3. Kami letakkan dan turunkan kepadamu beban yang memberatkanmu yaitu perhatianmu yang sungguh-sungguh terhadap hidayah kaummu dan pemeliharaanmu (terhadap mereka) agar tidak menyakiti mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{meringankan} mengurangi {beban darimu} beban kebiasaan Jahiliyyah yang membingungkanmu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-4. Allah berfirman kepada RasulNya, โ€œBukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?โ€ yakni, Kami melapangkannya untuk syariat-syariat agama, dakwah kepada Allah, bersifat dengan akhlak yang baik, mengedepankan akhirat dan mempermudahkan kebajikan sehingga tidak terasa sempit dan tertekan hingga hampir (sebelumnya) tidak tunduk pada kebaikan dan hampir tidak merasakannya lapang. โ€œDan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu,โ€ yakni kesalahanmu โ€œyang memberatkan punggungmu,โ€ sebagaimana firman-Nya :
ู„ููŠูŽุบู’ููุฑูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจููƒูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽุฃูŽุฎู‘ูŽุฑูŽ ูˆูŽูŠูุชูู…ู‘ูŽ ู†ูุนู’ู…ูŽุชูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูˆูŽูŠูŽู‡ู’ุฏููŠูŽูƒูŽ ุตูุฑูŽุงุทู‹ุง ู…ูุณู’ุชูŽู‚ููŠู…ู‹ุง
supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus,
(QS. Al-Fath :2)
โ€œDan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama) mu,โ€ yakni Kami tinggikan derajatmu dan Kami berikan pujian baik lagi luhur untukmu yang belum pernah dicapai oleh seorang pun sehingga tidaklah Allah disebut melainkan RasulNya juga disebutkan bersamaNya seperti kalimat syahadat masuk islam, adzan, iqamat, khutbah dan lainnya yang dalam kata-kata itu Allah mengagungkan sebutan RasulNya, Muhammad. Dan di hati umatnya, beliau dicintai, diagungkan, dan dimuliakan, yang tidak dimiliki oleh seorang pun selain beliau setelah Allah. Semoga Allah memberi beliau balasan atas jerih payahnya terhadap umat dengan balasan terbaik yang diberikan kepada seorang nabi atas jasa baiknya bagi umatnya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Dan kami hilangkan darimu beban, yakni Allah ๏ทป telah mengampuni bagi Rasulullah ๏ทบ dosa-dosanya yang telah lampau dan dan yang akan datang, Allah befirman : { ู„ููŠูŽุบู’ููุฑูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจููƒูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽุฃูŽุฎู‘ูŽุฑูŽ ูˆูŽูŠูุชูู…ู‘ูŽ ู†ูุนู’ู…ูŽุชูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูˆูŽูŠูŽู‡ู’ุฏููŠูŽูƒูŽ ุตูุฑูŽุงุทู‹ุง ู…ูุณู’ุชูŽู‚ููŠู…ู‹ุง } ( Supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus ) [ Al- fath : 2 ] Allah telah mengampuni dosa-dosa Nabi-Nya dan mengangkat darinya bebannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ู†ูŽุดู’ุฑูŽุญู’ ู„ูŽูƒูŽ ุตูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽ (1) ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนู’ู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ูƒูŽ ูˆูุฒู’ุฑูŽูƒูŽ " Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu," Mungkin ada yang mengatakan: Kedua kalimat tersebut tidak serasi, kalimat pertama menggunakan fi'il mudhari' (Bentuk kata kerja sekarang atau akan datang) ู†ูŽุดู’ุฑูŽุญู’ [Nasyroh] sedangkan yang kedua menggunakan fi'il madhi ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนู’ู†ูŽุง Tetapi, berdasarkan penjelasan yang saya utarakan yaitu bahwa Alam Nasyrah, bermakna qad syarahnaa (telah kami lapangkan), maka pengathafan wadha'naa diathafkan dengan yang sebanding dan serasi.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Insyirah ayat 2: Kami bebankan kepadamu apa yang berat di punggungmu, yang dirimu harus menyampaikan kerisalahan dan membimbing orang-orang yang mengikutinya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Wizr di ayat ini bisa diartikan dengan โ€˜dosaโ€™, yakni โ€œBukankah Kami telah menggugurkan dosamu.โ€ Hal ini sebagaimana firman Allah Taโ€™ala, โ€œAgar Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus,โ€ (Terj. Al Fat-h: 2). Ada pula yang berpendapat, bahwa yang dimaksud dengan beban di sini ialah kesusahan-kesusahan yang diderita Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dalam menyampaikan risalah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Insyirah Ayat 2

1-4. Wahai nabi, bukankah kami telah melapangkan dadamu' kami telah menjadikanmu seorang nabi yang menerima syariat agama, berakhlak mulia, berwawasan luas, santun, dan sabar dalam menghadapi kepahitan hidup. Dan kami pun telah menurunkan bebanmu darimu, yang memberatkan punggungmu' kami jadikan tugasmu yang sejatinya berat, seperti menyampaikan risalah dan mendakwahkan syariat, terasa ringan. Dan kami pun telah tinggikan sebutan namamu bagimu. Kami sebut namamu secara berurutan dengan nama-ku, seperti dalam syahadat, azan, tasyahud, dan sebagainya. Itu adalah kemu'liaan tersendiri yang tidak kami berikan kepada nabi-nabi yang lain


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjelasan dari beragam mufassirun berkaitan kandungan dan arti surat Al-Insyirah ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dilihat

Ada berbagai topik yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: An-Nashr, An-Nisa 59, Bismillah, Yusuf, Al-‘Ashr, Az-Zumar 53. Termasuk Al-Ma’idah 3, Al-Kahfi 1-10, Al-Qari’ah, Quraisy, Al-Lahab, An-Naziat.

  1. An-Nashr
  2. An-Nisa 59
  3. Bismillah
  4. Yusuf
  5. Al-‘Ashr
  6. Az-Zumar 53
  7. Al-Ma’idah 3
  8. Al-Kahfi 1-10
  9. Al-Qari’ah
  10. Quraisy
  11. Al-Lahab
  12. An-Naziat

Pencarian: al baqarah lillahi ma fissamawati, al-baqarah 3 ayat terakhir, surat yunus ayat 40 41 latin dan terjemahan, as saffat latin, surat lailatul qadr latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: