Surat Al-Lail Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَأَنذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّىٰ

Arab-Latin: Fa anżartukum nāran talaẓẓā

Artinya: Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala.

« Al-Lail 13Al-Lail 15 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Mengenai Surat Al-Lail Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Lail Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penjelasan dari banyak ahli tafsir terkait makna surat Al-Lail ayat 14, sebagiannya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Aku memperingatkan kalian (wahai manusia), dan mempertakutkan kalian dengan api neraka yang menyala-nyala,yaitu neraka jahanam.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14-16. Allah memperingatkan hamba-hamba-Nya dari neraka Jahannam yang berkobar-kobar, tidak yang memasukinya melainkan orang yang sengsara yang dilempar ke dalamnya akibat mendustakan Rasulullah dan berpaling dari petunjuk Allah. Orang sengsara ini tidak ditetapkan baginya kebahagiaan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Maka Aku mengingatkan kalian -wahai manusia- dengan api Neraka yang menyala-nyala jika kalian bermaksiat kepada Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. فَأَنذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّىٰ (Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala)
Yakni apinya menyala-nyala dan bergejolak.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Imam Malik berkata : Suatu ketika Umar bin Abdul Aziz membaca dalam shalatnya surah al-Lail, tatkala ia sampai pada ayat : { فَأَنْذَرْتُكُمْ نَارًا تَلَظَّىٰ } dia menangis sehingga tidak mampu melanjutkan ayat selanjutnya, dua atau tiga kali, sampai kemudian beliau membaca surat lainnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14-15. Kemudian Aku telah memperingatkan dan menakut-nakuti kalian agar tidak menyimpang dari perintahku wahai manusia dengan neraka Jahanam yang menyala-nyala. Janganlah kamu masuk ke dalamnya dan terbakar oleh apinya selama-lamanya, kecuali orang kafir seperti Abu Jahal dan Umayyah bin Khallaf. Adapun jika orang fasik memasukinya maka dia tidak (mau) melanjutkan (lagi) untuk tinggal di dalamnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Aku memperingatkan kalian} lalu aku memperingatkan kalian {dengan neraka yang menyala-nyala} yang panas


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14-16. “Maka Kami memperingatkan kamu dengan api yang menyala-nyala,” yakni yang berkobar. “Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakan” kebaikan, “dan berpaling” dari perintah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 12-21
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk (12)) yaitu Kami menjelaskan yang halal dan yang haram. Selain Qatadah berkata bahwa barang siapa yang menempuh petunjuk, maka dia akan sampai kepada Allah. Dia menjadikannya sebagaimana firmanNya SWT: (Dan hak bagi Allah (menerangkan) jalan yang lurus) (Surah An-Nahl: 9) Hal ini diriwayatkan Ibnu Jarir.
Firman Allah SWT: (dan sesungguhnya kepunyaan Kamilah akhirat dan dunia (13)) yaitu semuanya adalah milik Kami, dan Akulah yang mengatur keduanya.
Firman Allah SWT: (Maka Kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala (14)) Mujahid berkata bahwa makna yang dimaksud adalah bergejolak.
Firman Allah SWT: (Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka (15)) yaitu tidak ada yang dijerumuskan ke dalamnya sehingga diliputi api neraka dari segala penjuru kecuali hanya orang yang paling celaka. Kemudian menjelaskannya, jadi Allah berfirman: (yang mendustakan) yaitu, dengan hatinya (dan berpaling) yaitu semua anggota tubuhnya tidak mau mengamalkannya.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Semua umatku akan masuk surga pada hari kiamat, kecuali orang yang membangkang” Mereka bertanya,"Siapakah orang yang membangkang itu, wahai Rasulullah SAW?" Maka beliau SAW menjawab: “Barang siapa yang taat kepadaku, maka masuk surga; dan barangsiapa durhaka kepadaku, maka dia membangkang”
Firman Allah SWT: (Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu (17)) yaitu akan dijauhkan dari neraka orang yang bertakwa dan orang yang paling bertakwa, kemudian dijelaskan dengan firmanNya: ((yaitu) yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya (18)) yaitu membelanjakan hartanya untuk ketaatan kepada Tuhannya, untuk mensucikan diri, harta dan segala sesuatu yang dikaruniakan Allah kepadanya berupa agama dan dunia (padahal tidak ada seorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya (19)) yaitu, bukan untuk membalas hartanya yang pernah diberikan orang lain kepadanya, melainkan dia mengeluarkannya hanya (tetapi semata-mata karena mencari keridhaan Tuhannya Yang Maha Tinggi (20)) yaitu hanya semata-mata karena mengharapkan untuk dapat melihat Allah di akhirat di dalam taman-taman surga. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan (21)) yaitu orang yang disifati dengan sifat-sifat ini akan diridhai.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ فَأَنْذَرْتُكُمْ} Maka aku menakut-nakuti kalian wahai manusia dengan peringatan { نَارًا تَلَظَّىٰ } akan neraka yang menyala-nyala, api neraka yang belum pernah dipadamkan sejak Allah ﷻ menciptakannya, Allah ﷻ berfirman : { نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ } ( (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan ) [ Al-Humazah : 6 ] .


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Kemudian Allah 'Azza Wa Jalla berfirman: فَأَنْذَرْتُكُمْ نَارًا maksudnya: Kami akan ancam kalian dengan neraka akhirat تَلَظَّى Yang menyala-nyala, yang memiliki sifat yang banyak disebutkan di dalam al-Quran dan Hadits.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Lail ayat 14: Ketahuilah wahai manusia bahwa Allah telah memperingatkanmu akan neraka yang menyala-nyala dengan panas yang sangat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Lail Ayat 14

Maka, aku memperingatkan kamu, wahai manusia, dengan neraka yang menyala-Nyala dan panas tiada tara; itulah neraka jahanam. Demikianlah cara Allah mendidik manusia, dengan memberi sanksi kepada pelanggar dan penghargaan kepada penaat. 15. Itulah neraka yang hanya dimasuki dan dirasakan panasnya oleh orang yang paling celaka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari beragam mufassirin berkaitan isi dan arti surat Al-Lail ayat 14 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Bantu usaha kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dilihat

Kami memiliki banyak materi yang sering dilihat, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah, Al-Baqarah 83, An-Nur 2, Ali Imran, Asy-Syams, Al-Baqarah 286. Juga Al-Ma’idah 2, Al-Isra 23, At-Takatsur, Al-Hujurat 12, Yunus 40-41, Al-Mujadalah 11.

  1. Az-Zalzalah
  2. Al-Baqarah 83
  3. An-Nur 2
  4. Ali Imran
  5. Asy-Syams
  6. Al-Baqarah 286
  7. Al-Ma’idah 2
  8. Al-Isra 23
  9. At-Takatsur
  10. Al-Hujurat 12
  11. Yunus 40-41
  12. Al-Mujadalah 11

Pencarian: qs luqman ayat 12, al baqarah 112, surah al waqiah beserta artinya, albaqarah ayat 11, surat liila

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: