Surat Al-Ghasyiyah Ayat 17

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى ٱلْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

Arab-Latin: A fa lā yanẓurụna ilal-ibili kaifa khuliqat

Artinya: Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan,

« Al-Ghasyiyah 16Al-Ghasyiyah 18 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 17

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 17 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan berbagai penjabaran dari berbagai mufassirun berkaitan kandungan surat Al-Ghasyiyah ayat 17, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17-20. Apakah orang orang kafir yang mendustakan itu tidak melihat kepada unta, bagaiman dia diciptakan menajdi makhluk yang menakjubkan? Dan kepada langit,manakala ia dic iptakan dengan kokohnya? Dan juga kepada gunung-gunung,bagaimana ia ditancapkan dengan tegak sehingga karenanya bumi menjadi tenang dan seimbang? Dan kepada bumi, bagaimana ia dibentangkan dan dihamparkan?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

17-20. Allah mengingkari orang-orang musyrik yang enggan memperhatikan detail penciptaan Allah pada sebagian makhluk; seperti dalam memperhatikan bentuk unta yang hidup bersama mereka setiap pagi dan petang. Pada unta terdapat manfaat sebagai harta, kendaraan, pakaian, dan tempat tinggal bagi mereka; Allah menciptakannya dengan penciptaan yang menakjubkan dan sempurna; Allah memberinya berbagai kemampuan yang istimewa sehingga menjadikannya dapat bertahan hidup di gurun pasir; dan meskipun ia hewan yang keras, namun ia akan tetap tunduk untuk menanggung muatan berat. Sungguh unta ini tidak mereka ciptakan dan tidak pula menciptakan dirinya sendiri.

Dan langit yang mereka lihat dan mereka tunggu hujan dan cahaya kilatnya; mereka bukan yang meninggikan langit itu dan ia tidak mengangkat dirinya sendiri. Dan gunung-gunung yang menjadi tempat tinggal beberapa kabilah Arab, siapa yang menjadikannya menjulang tinggi dan kokoh sehingga dengannya bumi tidak berguncang? Dan inilah bumi yang merupakan tempat mereka menggembala dan berpijak; Allah telah menciptakannya terbentang agar dapat bermanfaat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

17. "Apakah mereka tidak melihat dengan penuh perhatian kepada unta, bagaimana Allah menciptakannya dan menundukkannya untuk manusia?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

17. أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ (Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan)
Dengan penciptaan yang sangat luar biasa, dengan badan yang besar dan kekar dan memiliki sifat-sifat yang menakjubkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17. Apakah orang kafir Makkah itu tidak menelaah bagaimana unta itu diciptakan dengan ciptaan yang sangat hebat. Diriwayatkan dari Ibnu Jazir dan lainnya dari Qatadah berkata: Ketika Allah mendeskripsikan isi surga, maka orang orang yang sesat terheran-heran. Maka Allah menurunkan ayat “apakah kalian tidak melihat penciptaan unta?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana ia diciptakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

17-20. Allah berfirman seraya memberi dorongan pada orang-orang yang tidak percaya pada Rasulullah dan untuk orang lain agar merenungkan makhluk-makhluk Allah yang menunjukkan atas keesaanNya, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan,” artinya, apakah mereka tidak memperhatikan penciptaannya yang sempurna dan bagaimanakah Allah menundukannya untuk manusia untuk berbagai kepentingan yang mereka perlukan. “Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan,” dengan bentuk yang begitu indah yang dengannya bumi bisa tenang dan kokoh tidak berguncang. Di dalamnya Allah menyimpan begitu banyak manfaat. “Dan bumi bagaimana ia dihamparkan,” yaitu dibentangkan secara luas agar manusia merasa tenang berada di atasnya dan bisa mengolahnya untuk bercocok tanam, membuat bangunan dan menempuh jalan-jalan di atasnya.
Perlu diketahui, hamparan bumi tidak menafikan wujudnya yang bulat yang dilingkupi oleh berbagai bintang dari berbagai sisinya sebagaimana ditunjukkan oleh dalil akal, indera dan kesaksian dan sebagaimana diketahui oleh banyak orang, khususnya di masa sekarang di mana banyak orang mencapai berbagai penjuru jauh dengan alat-alat yang dikaruniakan Allah pada mereka yang bisa mendekatkan jarak yang jauh. Bentuk hamparan hanya menafikan bulatan sesuatu yang kecil, yang seandainya dibentangkan tidak lagi berbentuk bulat. Lain halnya dengan bentuk bumi ini yang amat besar dan luas. Sehingga bentuk bumi ini adalah bulat terhampar. Kedua hal tersebut tidak saling menafikan satu sama lain sebagaimana hal itu diketahui oleh para ahlinya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Kemudian Allah ﷻ kembali memberi peringatan melalui ayat-ayat Nya, yakni ayat-ayat kauniyah, yaitu ayat-ayat yang menjadi bukti dan dalil akan kekuasaan-Nya ﷻ , dan ayat-ayat "kauniyah" itu telah jelas dan telah diketahui oleh kalangan arab, walaupun pada hakikatnya ayat-ayat kauniyah Allah ﷻ sangat banyak di alam semesta ini, akan tetapi Allah ﷻ memberi peringatan dengan ayat kauniyah yang ada disekitar mereka.

Allah ﷻ berfirman : { أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ } Tidakkah mereka melihat bagaimana unta itu diciptakan ? , tidakkah mereka memperhatikan kekuatan, struktur tubuh, dan sifat yang dimiliki oleh unta itu ? , bukankah dai unta itu banyak manfaat yang diperoleh manusia, seperti : mereka menjadikannya sebagai kendaraan, air susunya yang diminum oleh mereka, dan dari dagingnya mereka makan, maka apakah manusia itu memikirkan akan hal itu ? .

Dan juga, meskipun postur tubuhnya yang besar dan kuat anak kecil dapat akrab dengannya, unta itu dapat tunduk dan patuh kepadanya, Allah ﷻ berfirman : { أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ مِمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَا أَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُونَ , وَذَلَّلْنَاهَا لَهُمْ فَمِنْهَا رَكُوبُهُمْ وَمِنْهَا يَأْكُلُونَ , وَلَهُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ ۖ أَفَلَا يَشْكُرُونَ } ( Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya? , Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan , Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? ) [ Yaa Siin : 71 -73 ] .

Dari sejumlah binatang ternak yang ada, termasuk diantaranya adalah unta, sapi, dan domba, di ayat ini disebutkan unta kanera keistimewaan yang dimilikinya, yaitu binatang ternak yang paling kuat, serta berbagai manfaat yang dimiliki oleh unta yang tidak dimiliki oleh binatang ternak lainnya.

Diantara manfaat yang ada pada unta adalah : dapat digunakan sebagai kendaraan, atau sebagai pembawa barang dagangan yang berat, dan unta tidak menolak hal tu, berbeda dengan binatang ternak lainnya, seperti keledai dan kuda yang jika tauannya ingin menaiknya, maka binatang itu harus dalam keadaan berdiri, itulah salah satu contoh dari ayat-ayat kaunyiah Allah ﷻ .

Keistimewaan lain dari unta ini adalah : keindahan tubuh yg ada padanya, Allah ﷻ berfirman : { وَلَكُمْ فِيهَا جَمَالٌ حِينَ تُرِيحُونَ وَحِينَ تَسْرَحُونَ , وَتَحْمِلُ أَثْقَالَكُمْ إِلَىٰ بَلَدٍ لَمْ تَكُونُوا بَالِغِيهِ إِلَّا بِشِقِّ الْأَنْفُسِ ۚ إِنَّ رَبَّكُمْ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ } ( Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan , Dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ) [ An-Nahl : 6 - 7 ] , unta memiliki bentuk tubuh yang indah, dan siapa saja yang melihatnya akan ada kesenangan tersendiri yang ia rasakan .


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Setelah Allah 'Azza Wa Jalla menetapkan dalam surat ini kabar tentang goncangan dahsyat yaitu hari kiamat,d an menjelaskan tentang golongan manusia menjadi dua golongan, golongan pertama yang wajah-wajahnya merendah, bekerja dengan keras, menempati ke nereka yang amat panas, dan yang kedua yang wajah-wajahnya menikmati usaha mereka, mereka ridha dengannya, dan menjelaskan balasan bagi kedua golongan tersebut, Allah berfirman: أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ " Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan," Istifham (kalimat tanya) di sini untuk mencela, Maknanya: Sesungguhnya Allah mencela mereka yang mengingkari berita-berita yang Allah sampaikan tentang hati kiamat, tentang pahala dan hukuman, Allah mengingkari berpalinggnya mereka dari mengamati tanda-tanda kekuasaan Allah Ta'ala yang ada di hadapan mereka, Allah memulai dengan unta, karena hewan yang paling sering bersentuhan dengan manusia saat itu adalah unta, mereka menungganginya, memerah susunya, memakan dagingnya dan mengambil manfaat dari bulu-bukunya dan manfaat-manfaat lainnya, kerenaya Allah berfirman: أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ " Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta " Yaitu unta-unta كَيْفَ خُلِقَتْ "Bagaimana diciptakan" Yakni: Bagaimana Allah 'Azza Wa Jalla menciptakannya, Tubuh unta yang besar yang mampu menopang beban berat, anda dapati unta mempu menempuh perjalan yang sangat panjang yang tidak disanggupi oleh manusia keculai dengan memaksakan diri, sedangkan unta sanggup menempuhnya. Anda dapati juga seekor unta mampu menopang beban-beban berat, sambil menderum, kemudian ia berdiri saat membawa beban berat itu tanpa bantuan, padahal biasanya hewan hampir tidak mampu bediri dari duduk sedangkan dia membawa beban.
Tetapi Allah 'Azza Wa Jalla memberikan kepada unta kekuatan dan kemampuan untuk kemaslahatan (manfaat) bagi manusia, karena manusia tidak mungkin menaikkan bawaan itu ke atas punggung unta sedangkan unta dalam keadaan berdiri karena tinggi, tetapi Allah memudahkan untuk mereka membawa barang bawaan mereka ke atas unta yang dalam keadaan menderum duduk, kemudian unta itu mengangkatnya, dan juga sebagaimana Allah Ta'ala berfirman dalam surat yasin وَلَهُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ أَفَلَا يَشْكُرُونَ " Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? "(QS. Yasim: 73) Manfaat-manfaatnya banyak tidak terhitung. Pawang unta yang mendalaminya lebih tahu tentang itu dari kita, oleh karenanya Allah berifirman: أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ " Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan," Allah tidak menyebut hewan lainnya seperti kambing, sapi, rusa dan hewan lainnya, Karena unta adalah hewan yang manfaatnya luas dan maslahatnya lebih banyak bagi hamba-hamba.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ghasyiyah ayat 17: 17-20. Setelah Allah menyebutkan dua golongan yang telah lalu, Ia berkata kepada orang-orang yang mendustakan yang mereka menganggap mustahil dapat dihidupkan kembali tulang-belulang yang telah hancur berserakan serta jasad-jasad yang telah menjadi tanah. Allah berkata kepada mereka :Apakah mereka tidak melihat unta dan ia adalah makhluk yang mengherankan, maka pikirkan olehmu bagaimana Allah menciptakannya dengan sebaik-baik penciptaan dan memiliki tubuh yang besar ? Dan lihatah langit yang indah dipandang, maka pikirkan olehmu bagaimana Allah meninggikan dan membinanya ? Dan langit itu tinggi tanpa tiang dan kokoh (tanpa penyangga) apakah mereka tidak melihat ? Dan gunung yang tinggi besar ketika dilihat, maka pikirkan olehmu bagaimana bisa diletakkan dengan tepat dan kokoh tidak berguncang (berpindah) dari tempatnya ? Dan kepada bumi yang dihamparkan, maka pikirkankan bagaimana bisa terhampar untuk urusan yang membawa kebaikan (yaitu) menetap (diatasnya) dan mengambil manfaat darinya ?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman mendorong orang-orang yang tidak membenarkan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam dan selain mereka agar memikirkan makhluk Allah untuk menunjukkan keesaan-Nya.

Yakni tidakkah mereka memperhatikan penciptaannya yang indah, dan bagaimana Allah Subhaanahu wa Ta'aala menundukkannya untuk hamba-hamba-Nya serta menundukkan hewan itu untuk manfaat yang mereka perlukan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ghasyiyah Ayat 17

Allah memperlihatkan begitu banyak tanda kekuasaan-Nya di hadapan manusia. Maka, tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana diciptakan' unta diciptakan oleh Allah dengan bentuk tubuh dan anggota badan yang sesuai dengan lingkungan hidupnya di padang pasir. Air susunya dan dagingnya menjadi bahan makanan yang lezat, sedangkan kulitnya dapat dijadikan kemah dan sebagainya (lihat pula: an-nahl/16: 7, 81; g'fir/40: 79'80). 18. Dan tidakkah pula mereka memperhatikan langit, bagaimana ditinggikan' Allah menjadikan langit sebagai atap bumi yang kukuh meski tanpa penopang. Di sana matahari, bulan, planet, dan berbagai benda langit beredar. Allah menghiasinya dengan bintang yang dapat menjadi petunjuk arah bagi para musafir. Dari langit itu pula turun hujan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan di bumi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari kalangan ahli tafsir terkait isi dan arti surat Al-Ghasyiyah ayat 17 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita. Sokong syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dilihat

Ada ratusan materi yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 45, Tentang Al-Quran, At-Thalaq, Al-Baqarah 43, Al-Jin, Ali ‘Imran 97. Termasuk Al-Ma’idah 8, Ali ‘Imran 139, Al-Isra 25, Ad-Dukhan, Al-Qamar 49, Al-Hadid 20.

  1. Al-Baqarah 45
  2. Tentang Al-Quran
  3. At-Thalaq
  4. Al-Baqarah 43
  5. Al-Jin
  6. Ali ‘Imran 97
  7. Al-Ma’idah 8
  8. Ali ‘Imran 139
  9. Al-Isra 25
  10. Ad-Dukhan
  11. Al-Qamar 49
  12. Al-Hadid 20

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: