Surat Al-Ghasyiyah Ayat 12

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูููŠู‡ูŽุง ุนูŽูŠู’ู†ูŒ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŒ

Arab-Latin: Fฤซhฤ 'ainun jฤriyah

Artinya: Di dalamnya ada mata air yang mengalir.

ยซ Al-Ghasyiyah 11 โœต Al-Ghasyiyah 13 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Al-Ghasyiyah Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ghasyiyah Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran berharga dari ayat ini. Ada variasi penjelasan dari para ahli tafsir mengenai isi surat Al-Ghasyiyah ayat 12, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-16. Pada hari kiamat wajah wajah orang beriman bersuka cita, Karena mereka berusaha di dunia dengan ketaatan-ketaatan, dan mereka ridha di akhirat, Di dalam surga yang tempat dan kedudukannya tinggi. Tidak terdengar satu pun kata sia-sia, Di sana ada mata air yang memancar airnya, Ada ranjang-ranjang yang tinggi, gelas-gelas yang disiapkan untuk orang-orang yang mau minum, bantal-bantal yang tersusun,yang satu didamping yang lain, dan juga permadani-permadani yang terhampar banyak.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

12. Dalam surga ini terdapat mata air yang memancar yang memberi kenikmatan bagi orang yang melihat dan mendengar aliran dan suara percikan airnya. Dan jika mereka yang hidup mewah di dunia dapat merasakan kehindahan air yang mengalir, maka bagaimana dengan mata air di akhirat yang menjadi bagian dari balasan yang sempurna?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Di dalam Surga ini terdapat mata air yang mengalir, mereka bisa memancarkannya dan mengalirkannya ke mana saja mereka kehendaki.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12-13. Di surga ada mata air yang mengalir air minum yang sangat lezat. Juga ada dipan-dipan yang ditinggikan tempat dan derajatnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Di sana ada mata air yang mengalir


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-16. Sedangkan ahli kebajikan, wajah-wajah mereka pada Hari Kiamat, โ€œberseri-seri,โ€ yakni karena indahnya kenikmatan yang mereka dapatkan, maka raga mereka berseri dan wajah-wajah mereka berbinar dan amat gembira โ€œkarena usahanya,โ€ yang dilakukan di dunia berupa amal baik dan kebajikan terhadap hamba-hamba Allah, โ€œIa merasa senang,โ€ karena mendapatkan pahalanya yang disimpan ternyata berlipat ganda, sehingga terpujilah kesudahan amalnya dan tercapailah segala sesuatu yang diharapkan. Hal itu karena balasan amal baiknya berada โ€œdalam surga,โ€ yang mencakup berbagai macam kenikmatan secara keseluruhan, โ€œyang tinggi,โ€ tempat dan kedudukannya. Kedudukannya berada di tingkatan paling atas dan tempat nya adalah kediaman-kediaman tinggi yang memiliki berbagai kamar. Di atas kamar terdapat kamar lain, dari kamar itu terlihat kemuliaan yang disediakan oleh Allah untuk mereka. (Dalam ayat lain) โ€œBuah-buahannya dekat.โ€ (Al-Haqqah: 23), yakni banyak buah-buahan lezat yang mengeluarkan buah-buahan indah dan mudah dipetik sekira penghuni surga bisa memetiknya dalam berbagai kondisi mereka. Tidak perlu memanjat dan buahnya pun tidak sulit dipetik. โ€œTidak kamu dengar di dalamnya,โ€ yakni, di dalam surga, โ€œperkataan yang tidak berguna,โ€ yakni kata-kata tidak bermanfaat dan batil, apalagi kata-kata yang diharamkan. Perkataan para penghuni surga adalah kata-kata indah dan berguna yang mencakup dzikir mengingat Allah, menyebut nikmat Allah yang amat banyak. Menggunakan etika baik di antara sesama penghuni surga yang menggembirakan hati dan melapangkan dada.
โ€œDi dalamnya ada mata air yang mengalir.โ€ Ini adalah isim jenis (kata umum). Yaitu di dalam surga terdapat berbagai mata air yang dipancarkan oleh penghuni surga dan mereka gunakan sebagaimana yang mereka kehendaki dan dialirkan kemanapun yang mereka inginkan. โ€œDi dalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikan.โ€ Yaitu tempat-tempat duduk yang tinggi dari segi dzatnya dengan berbagai permadani halus dan lembut. โ€œDan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya),โ€ yakni gelas-gelas yang berisi penuh dengan berbagai jenis minuman lezat diletakkan di hadapan mereka, disediakan untuk mereka, dan tunduk dibawah kehendak serta pilihan mereka. Anak-anak kecil yang kekal mengelilingi mereka. โ€œDan bantal-bantal sandaran yang tersusun,โ€ yakni bantal-bantal yang terbuat dari sutra tebal dan sutra tipis serta dari bahan lain yang hanya diketahui oleh Allah. Bantal-bantal itu disusun untuk diduduki dan dijadikan sandaran. Para penghuni surga tidak perlu meletakkan dan menatanya. โ€œDan permadani-permadani yang terhampar,โ€ adalah permadani indah yang terhampar. Yaitu, permadani-permadani itu memenuhi tempat duduk mereka dari segala penjuru.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 8-16
Setelah menyebutkan keadaan orang-orang yang celaka, kemudian mengiringinya dengan menyeburkan orang-orang yang berbahagia; jadi Allah SWT berfirman: (Banyak muka pada hari itu) yaitu pada hari kiamat (berseri-seri) yaitu, diketahui kenikmatan di dalamnya, dan sesungguhnya hal itu diperoleh berkat usaha mereka.
Firman Allah SWT (dalam surga yang tinggi (10)) yaitu yang tinggi dan indah (dan mereka aman di tempat-tempat yang tinggi) (Surah Sabaโ€™: 37) dan (tidak kamu dengar di dalamnya perkataan yang tidak berguna (11)) yaitu di surga tidak mendengar kata-kata yang sia-sia, Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang tidak berguna, kecuali (ucapan) salam) (Surah Maryam: 62) dan (yang isinya tidak (menimbulkan) ucapan sia-sia ataupun perbuatan dosa) (Surah Ath-Thur: 23) serta (Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia maupun yang menimbulkan dosa (25) tetapi mereka mendengar ucapan salam (26)) (Surah Al-Waqiโ€™ah)
(Di dalamnya ada mata air yang mengalir (12)) yaitu, yang mengalir. Ini merupakan isim nakirah dalam konteks itsbat, dan makna yang dimaksud bukanlah satu mata air, melainkan ini adalah isim jenis yang artinya di dalamnya terdapat banyak mata air yang mengalir.
(Di dalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikan (13)) yaitu tinggi, empuk, banyak hamparannya dan tebal-tebal, di atasnya terdapat banyak bidadari bermata jeli. Mereka berkata bahwa ketika kekasih Allah hendak duduk di atas tahta yang tinggi-tinggi itu, maka tahta-tahta itu merendah kepadaNya.
(dan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya) (14)) yaitu gelas-gelas yang disediakan bagi para pemiliknya yang hendak minum dengannya.
(dan bantal-bantal sandaran yang tersusun (15)) Ibnu Abbas berkata bahwa makna yang dimaksud adalah bantal-bantal; Demikian juga dikatakan Qatadah.
Firman Allah SWT (dan permadani-permadani yang terhampar (16)) yaitu permadani-permadani yang dihamparkan. Demikian juga dikatakan banyak ulamaโ€™. Makna kata โ€œmabtsutsahโ€ adalah yang digelar di sini dan di sana bagi orang yang hendak duduk di mana pun yang dia kehendaki.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ูููŠู‡ูŽุง ุนูŽูŠู’ู†ูŒ } Di dalam surga itu terdapat mata air yang banyak, mata air yang jumlahnya tidak diketahui melainkan hanya Allah yang mengetahuinya.

{ ุนูŽูŠู’ู†ูŒ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŒ } Mata air yang mengalir tanpa alur, mata air itu mengalir sekeliling surga, darinya para penghuni surga mengambil air untuk minum dan kebutuhan lainnya, mata air itu tidak pernah berhenti alirannya, mata air yang mengalir sepanjang masa, maha suci Allah ๏ทป dengan segala keukuasaan-Nya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูููŠู‡ูŽุง ุนูŽูŠู’ู†ูŒ ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŒ " Di dalamnya ada mata air yang mengalir." Mata air tersebut Allah 'Azza Wa Jalla menjelaskannya bahwa dia adalah sungai-sungai ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑูŒ ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุกู ุบูŽูŠู’ุฑู ุขุณูู†ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑูŒ ู…ูู†ู’ ู„ูŽุจูŽู†ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽุบูŽูŠู‘ูŽุฑู’ ุทูŽุนู’ู…ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฎูŽู…ู’ุฑู ู„ูŽุฐู‘ูŽุฉู ู„ูู„ุดู‘ูŽุงุฑูุจููŠู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุนูŽุณูŽู„ู ู…ูุตูŽูู‘ู‹ู‰ " di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring"(QS. Muhammad: 15) ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูŒ Maknanya: Mengalir sesuai dengan keinginan penduduk surga, tidak membutuhkan parit yang mengalirinya, tidak juga membutuhkan selang, sebagaimana Ibnul Qayim rahimahullaah mengatakan:
ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽู€ู€ู€ุงุฑูู‡ูŽู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุง ููู€ู€ู€ูŠ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฃูุฎู’ุฏููˆุฏู ุฌูŽุฑูŽุช ุณูุจู’ุญู€ู€ุงูŽู†ูŽ ู…ูู…ู’ุณููƒูู‡ูŽุง ุนูŽู†ู ุงู„ู’ููŽูŠู’ุถูŽุงู†ู
Sungai-sungainya mengalir tanpa parit...
Maha suci (Allah) yang menahannya hingga tidak tertumpah...


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ghasyiyah ayat 12: 8-16. Kemudian datang (menceritakan) kejadian kelompok manusia yang kedua. Wajah mereka pada hari itu berseri-seri; Dengan kata lain terdapat kenikmatan, kebahagian dan kegirangan yang terlihat pada mereka, yaitu sebuah kenikmatan. Ia adalah wajah-wajah orang beriman. Pada wajah ini terdapat amalan yang mereka amalkan di dunia dengan ridha; Dikarenakan mereka telah mendapatkan balasan atas apa yang mereka ridha (di dunia). Lalu Allah menerangkan sebagian dari macam-macam kenikmatan yang diberikan oleh Allah atas pemiliki wajah-wajah ini, Allah berkata : Ketahuilah bahwa pemilik wajah-wajah ini tempatnya di surga yang tinggi kedudukannya, tempat tinggalnya dan derajatnya. (Mereka) tidak akan mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan bathil, di dalamnya ada mata air yang airnya mengalir, menyembur dan tidak akan habis ketika mereka ingin (minum) dengan bagaimanapun yang mereka inginkan. Di dalamnya juga terdapat dipan-dipan tinggi untuk mereka duduk dan bersandar. Di dalamnya juga terdapat gelas-gelas yang diletakkan untuk mereka minum dan disediakan (untuk mereka). Dan di dalamnya ada bantal (terbuat) dari sutra, tebal dan selainnya, yang tersusun sebagiannya di samping sebagian yang lain. Di dalamnya juga terdapat banyak permadani yang terhampar dengan indah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mereka dapat mengalirkan airnya ke arah mana saja yang mereka mau.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ghasyiyah Ayat 12

Di surga sana ada mata air yang mengalir dengan deras, jernih, dan menyejukkan. 13. Di surga sana ada dipan-dipan yang ditinggikan, baik posisinya maupun derajatnya, sebagai tempat mereka duduk dan berbaring.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjabaran dari beragam pakar tafsir terkait kandungan dan arti surat Al-Ghasyiyah ayat 12 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita bersama. Dukung dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dicari

Ada ratusan halaman yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 8, At-Thalaq, Ali ‘Imran 97, Ali ‘Imran 139, Al-Hadid 20, Ad-Dukhan. Ada juga Al-Isra 25, Al-Baqarah 45, Al-Qamar 49, Tentang Al-Quran, Al-Jin, Al-Baqarah 43.

  1. Al-Ma’idah 8
  2. At-Thalaq
  3. Ali ‘Imran 97
  4. Ali ‘Imran 139
  5. Al-Hadid 20
  6. Ad-Dukhan
  7. Al-Isra 25
  8. Al-Baqarah 45
  9. Al-Qamar 49
  10. Tentang Al-Quran
  11. Al-Jin
  12. Al-Baqarah 43

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: