Surat Al-Insyiqaq Ayat 18

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูฑู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู ุฅูุฐูŽุง ูฑุชู‘ูŽุณูŽู‚ูŽ

Arab-Latin: Wal-qamari iลผattasaq

Artinya: Dan dengan bulan apabila jadi purnama,

ยซ Al-Insyiqaq 17 โœต Al-Insyiqaq 19 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Mengenai Surat Al-Insyiqaq Ayat 18

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Insyiqaq Ayat 18 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam pelajaran penting dari ayat ini. Diketemukan bermacam penjabaran dari kalangan mufassirin berkaitan makna surat Al-Insyiqaq ayat 18, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16-19. Allah bersumpah dengan warna merah ufuk saat matahari terbenam, Juga dengan malam dan apa-apa yang mereka kumpulkan berupa hewan-hewan, serangga-serangga, binatang-binatang kecil lainnya, Dan juga rembulan saat dia menjadi purnama, Bahwa kalian (wahai manusia) akan mengalami fase-fase yang bermacam-macam dan keadaan yang berbeda-beda,dari setetes air lalu menjadi segumpal darah lalu menjadi segumpal daging hingga ditiupnya ruh hingga kematian lalu kebangkitan dan pengumpulan. Dan makhluk tidak boleh bersumpah kepada selain allah,dan siapa yang melakukannya,maka dia telah berbuat syirik.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

18. Dan bersumpah dengan bulan apabila telah sempurna dan menjadi purnama.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

17. ูˆูŽุงู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽู…ูŽุง ูˆูŽุณูŽู‚ูŽ (dan dengan malam dan apa yang diselubunginya)
Yakni dan apa yang dikumpulkannya. Sebab malam akan mengumpulkan apa yang sebelumnya tersebar di siang hari, karena jika malam datang maka makhluk-makhluk akan kembali ke tempat tinggalnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16-18. Aku (Allah) bersumpah demi cahaya merah di waktu senja, yaitu cahaya yang tampak setelah terbenamnya matahari sampai menjelang waktu โ€˜isya. Dan Aku bersumpah demi malam dan segala apa yang terselubungi dalam kegelapannya. Dan Aku bersumpah demi bulan yang sinar cahayanya terang pada malam 13, 14, dan 15 setiap bulan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan demi bulan apabila jadi purnama} terkumpul dan purnama


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 16-19
Di tempat ini Allah bersumpah dengan tanda-tanda malam. Allah bersumpah dengan cahaya merah di waktu senja yang merupakan sisa-sisa cahaya matahari dan sebagai pembuka malam. โ€œDan demi malam dan apa yang diselubunginya,โ€ yakni segala hewan dan apa saja yang terdapat padanya. โ€œDan demi bulan apabila jadi purnama,โ€ yakni penuh cahaya karena purnama. Itulah hal terindah dan banyak manfaatnya. Obyek sumpah adalah Firman Allah, โ€œSungguh kamu melalui,โ€ wahai manusia โ€œtingkat demi tingkat (dalam kehidupan),โ€ yakni berbagai fase dan kondisi yang berbeda dari setetes air, segumpal darah, segumpal daging hingga ditiupnya ruh, selanjutnya menjadi bayi mungil lalu remaja. Setelah itu pencatatan amal, perintah, dan larangan berlaku, kemudian setelah itu meninggal dunia. Selanjutnya dibangkitkan dan diberi balasan atas amal perbuatannya. Berbagai fase berbeda ini berlaku pada manusia yang menunjukkan bahwa hanya Allah semata yang berhak disembah, hanya Dia yang diesakan, Dia mengatur hamba-hambaNya dengan kebijaksanaan dan rahmatNya, sedangkan manusia adalah makhluk miskin, lemah di bawah pengaturan Allah yang Mahaperkasa lagi Mahah Penyayang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู } Inilah sumpah ketiga dalam surah ini, { ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู ุฅูุฐูŽุง ุงุชู‘ูŽุณูŽู‚ูŽ } Dan dengan bulan apabila cahayanya sempurna menjadi bulan purnama, apabila bulan menjadi purnama yang indah bersinar yang menerangi langit dan bumi, inilah tanda-tanda kekuasaan Allah ๏ทป, bulan juga merupakan salah satu tanda-tanda kekuasaan Allah yang paling besar, Allah ๏ทป berfirman : { ูˆูŽู…ูู†ู’ ุขูŠูŽุงุชูู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณู ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู } { Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan } [ Fussilat : 37 ] .

{ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู ุฅูุฐูŽุง ุงุชู‘ูŽุณูŽู‚ูŽ } Yakni bulan yang sempurna lingkarannya pada mala ke 14 dan malam ke 15, bulan adalah salah satu makhluk Allah yang menakjubkan.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู…ูŽุฑู ุฅูุฐูŽุง ุงุชู‘ูŽุณูŽู‚ูŽ โ€œdan dengan bulan apabila jadi purnama,โ€ Rembulah sudah diketahui, kemudian makna ุฅุฐุง ุงุชู‘ูŽุณูŽู‚ูŽ [Idzattasaq] Yakni: Apabila cahayanya berkumpul secara sempurna, itu terjadi di malam-malam purnama. Allah โ€˜AzzaWaJallabersumpah dengan malam hari dan yang mengumpulkan. Dan dengan bulan karena bulan adalah tanda malam hari.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Insyiqaq ayat 18: 16-19. Allah bersumpah dengan sumpah yang tegas dengan cahaya merah di ufuk setelah matahari terbenam. Allah juga bersumpah dengan malam dan apa yang terkumpul padanya dari ciptaan-Nya. Dan bersumpah dengan bulan apabila sempurna cahaya dan sinarnya pada pertengahan bulan atau menjadi purnama. Kemudian datang pada ayat selanjutnya jawaban atas sumpah Allah, dan Allah berkata : Engkau itu berproses wahai manusia ! Dalam dunia kalian sejak dilahirkan sampai kalian mati, dari satu urusan menuju urusan yang lain, dari kondisi yang satu menuju kondisi yang lain, dari masa ke masa, menuju ke masa yang yang lain; Hingga kalian kembali kepada Rabb kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Insyiqaq Ayat 18

Dan aku bersumpah pula demi bulan apabila jadi purnama, ketika bulan bercahaya penuh sehingga suasana malam menjadi menawan. Perubahan suasana alam menunjukkan adanya kekuatan luar biasa yang mampu mengendalikannya. Dialah Allah yang mahakuasa. 19. Sungguh, akan kamu jalani kehidupanmu tingkat demi tingkat. Kamu semula berupa nutfah, lalu menjadi alaqah, menjadi mudgah, lalu menerima ruh dari tuhanmu, terlahir ke dunia, tumbuh dari kanak-kanak hingga dewasa dan tua. Akan kamu rasakan dalam hidupmu berbagai keadaan, dari yang mudah hingga yang sulit. Setelah itu kamu mati, dibangkitkan, dan dipisahkan menjadi dua kelompok: penghuni surga dan penghuni neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penjabaran dari banyak pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Insyiqaq ayat 18 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Bantulah perjuangan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dicari

Baca ratusan halaman yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Qamar 49, Al-Jin, Ali ‘Imran 97, Al-Ma’idah 8, Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 45. Ada juga Al-Isra 25, Al-Baqarah 43, Tentang Al-Quran, At-Thalaq, Al-Hadid 20, Ad-Dukhan.

  1. Al-Qamar 49
  2. Al-Jin
  3. Ali ‘Imran 97
  4. Al-Ma’idah 8
  5. Ali ‘Imran 139
  6. Al-Baqarah 45
  7. Al-Isra 25
  8. Al-Baqarah 43
  9. Tentang Al-Quran
  10. At-Thalaq
  11. Al-Hadid 20
  12. Ad-Dukhan

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: