Surat Al-Muthaffifin Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ู„ููŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุธููŠู…ู

Arab-Latin: Liyaumin 'aแบ“ฤซm

Artinya: Pada suatu hari yang besar,

ยซ Al-Muthaffifin 4 โœต Al-Muthaffifin 6 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Muthaffifin Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muthaffifin Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah mendalam dari ayat ini. Diketemukan beberapa penjelasan dari kalangan ulama tafsir terkait kandungan surat Al-Muthaffifin ayat 5, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-6. Pembangkitan mereka akan terjadi pada hari yang sangat menakutkan, Hari yang mana manusia akan bangkit berdiri dihadapan Allah kemudian Allah menghitung amal yang sedikit dan yang banyak. Hari itu mereka semuanya tunduk kepada tuhan alam semesta.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Untuk mendapat perhitungan dan pembalasan pada Hari yang agung karena di dalamnya terdapat berbagai kesengsaraan dan huru hara.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5-6. Mereka akan dibangkitkan pada hari yang penuh dengan bencana dan hiruk pikuk yaitu hari kiamat. Hari dimana mereka dibangkitkan dari kubur, kemudian menghadap Allah untuk dihisab dan diberi balasan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada suatu hari yang besar


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Madaniyah
Ayat 1-6
โ€œKecelakaan besarlah,โ€ adalah kata-kata azab dan siksaan, โ€œbagi orang-orang yang curang.โ€ Ini dijelaskan oleh Allah dengan FirmanNya kemudian, โ€œ(Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain,โ€ yakni mengambil dari mereka sebagai timbal balik, mereka menginginkannya secara utuh, tidak kurang, โ€œdan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain,โ€ yakni bila memberikan hak orang lain yang harus ditunaikan dengan takaran atau timbangan, โ€œmereka mengurangi,โ€ yakni menguranginya dengan cara mengurangi takaran atau dengan cara lainnya. Ini adalah pencurian harta orang lain dan tidak bersikap adil terhadap mereka. Karena ancaman ini ditunjukkan pada orang yang mengurangi takaran dan timbangan orang lain, maka orang yang mengambil harta orang lain secara paksa atau dengan cara mencuri, tentu lebih berhak mendapatkan ancaman ini dari orang-orang yang sekedar berbuat curang.
Ayat mulia ini menunjukkan bahwa orang sebagaimana berhak mendapatkan haknya dari orang lain, ia juga harus memberikan semua milik orang lain secara penuh, baik berupa harta maupun yang lain. Bahkan hujjah dan pernyataan juga termasuk dalam keumuman ayat ini. Biasanya, masing-masing dari dua orang yang berdebat berusaha mempertahankan hujjahnya, ia juga berkewajiban menjelaskan hujjah rivalnya yang tidak ia ketahui dan mempertimbangkan argumen-argumen rivalnya sebagaimana ia juga harus mempertimbangkan argumen-argumennya sendiri. Di sini dapat diketahui sikap obyektif atau fanatisme seseorang, kerendahan hati atau kesombongan, berakal atau bodoh. Semoga Allah berkenan menolong kita pada setiap kebaikan.
Selanjutnya Allah mengancam orang-orang yang berbuat curang serta merasa bangga atas kondisi mereka serta tetapnya mereka berada di atas kecurangan seraya berfirman, โ€œTidaklah orang-orang itu yakin, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, pada suatu hari yang besar, (yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Rabb semesta alam?โ€ yang mendorong mereka untuk berbuat curang adalah tidak beriman pada Hari Akhir, sebab bila mereka beriman pada Hari Akhir dan mereka mengetahui akan berdiri di hadapan Allah yang akan menghisab mereka atas amalan kecil dan besar, niscaya mereka menjauhkan diri mereka dari kecurangan dan bertaubat.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Untuk apa mereka dibangkit dari kubur mereka ?

{ ู„ููŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุธููŠู…ู } Yaitu untuk menghadapi hari yang agung itu, hari kiamat yang penuh dengan kengerian dan peristiwa yang maha dahsyat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Pada hari yang agung (besar), hari tersebut hari yang agung tidak diragukan lagi sebagaimana Allah Taโ€™ala berfirman: ุฅูู†ู‘ูŽ ุฒูŽู„ู’ุฒูŽู„ูŽุฉูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุนูŽุธููŠู…ูŒ โ€œsesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besarโ€(QS. Al-Hajj: 1) Agung pada panjang waktunya, pada kengeriannya, pada yang terjadi di dalamnya, pada setiap makna yang membawa kalimat keagungan. Bagai sebagian orang keagungan ini berat dan bagi sebagian lainnya terasa ringan, sebagaimana Allah berfirman: ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููŠู†ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑู ูŠูŽุณููŠุฑู โ€œbagi orang-orang kafir lagi tidak mudah.โ€(Al-Mudatsir: 10) Allah Juga berfirman: ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููˆู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ุนูŽุณูุฑูŒ โ€œOrang-orang kafir berkata: "Ini adalah hari yang beratโ€ (QS. Al-Qomar: 8) Namun bagi orang mukmin โ€“semoga Allah menjadikan kita dari mereka- ringan, seperti ringan dan mudahnya saat mendatangi sholat fardhu ke masjid, terlebih jika ia termasuk orang yang mendapatkan perlindungan besar, dan ia termasuk orang yang Allah beri naungan di saat tidak ada naungan kecuali naungan Allah, ini adalah hari besar namun bagi orang mukmin ini hari yang ringan, dan bagi orang kafir akan berat, Allah Taโ€™ala berfirman: ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููŠู†ูŽ ุนูŽุณููŠุฑู‹ุง โ€œDan adalah (hari itu), satu hari yang penuh kesukaran bagi orang-orang kafir.โ€(QS. Al-Furqan: 26)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muthaffifin ayat 5: Allah mensifatkan bahwa hari kiamat itu hari yang besar dan mengerikan, dengan apa yang terjadi (peristiwanya), dari kejadian-kejadian yang penuh kepedihan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu hari Kiamat. Dengan demikian, yang membuat mereka berani melakukan kecurangan tersebut adalah karena tidak beriman kepada hari Akhir. Kalau sekiranya mereka beriman kepada hari Akhir dan mengetahui bahwa mereka akan berdiri di hadapan Allah untuk dihisab-Nya amal mereka besar atau kecil, tentu mereka tidak akan melakukannya dan akan bertobat darinya. Inilah di antara hikmah, mengapa Allah Subhaanahu wa Ta'aala sering menyebutkan hari Akhir dalam Al Qurโ€™an, yaitu karena beriman kepada hari akhir memiliki pengaruh yang kuat dalam memperbaiki keadaan seseorang sehingga ia akan mengisi hari-harinya dengan amal saleh, ia pun akan lebih semangat untuk mengerjakan ketaatan itu sambil berharap akan diberikan pahala di hari itu, demikian juga akan membuatnya semakin takut ketika mengisi hidupnya dengan kemaksiatan apalagi sampai merasa tenteram dengannya. Beriman kepada hari akhir juga membantu seseorang untuk tidak berlebihan terhadap dunia dan tidak menjadikannya sebagai tujuan hidupnya. Di antara hikmahnya juga adalah menghibur seorang mukmin yang kurang mendapatkan kesenangan dunia, karena di hadapannya ada kesenangan yang lebih baik dan lebih kekal.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muthaffifin Ayat 5

4-5. Allah mengecam mereka, 'mengapa mereka berbuat curang' tidaklah mereka itu mengira bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, pada suatu hari yang besar, yaitu hari kebangkitan yang penuh kejadian mengerikan dan menegangkan''6. Yaitu pada hari ketika semua orang bangkit dari kubur mereka untuk menghadap tuhan seluruh alam. Tuhan akan menghisab perilaku mereka. Pada saat itu tidak ada kekuasaan selain kuasa Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari beragam ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Muthaffifin ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Bantu kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dilihat

Terdapat ratusan halaman yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 8, Al-Isra 25, Al-Baqarah 43, Ali ‘Imran 139, Ali ‘Imran 97, At-Thalaq. Ada pula Tentang Al-Quran, Al-Qamar 49, Al-Jin, Al-Baqarah 45, Al-Hadid 20, Ad-Dukhan.

  1. Al-Ma’idah 8
  2. Al-Isra 25
  3. Al-Baqarah 43
  4. Ali ‘Imran 139
  5. Ali ‘Imran 97
  6. At-Thalaq
  7. Tentang Al-Quran
  8. Al-Qamar 49
  9. Al-Jin
  10. Al-Baqarah 45
  11. Al-Hadid 20
  12. Ad-Dukhan

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: