Surat Al-Infitar Ayat 17

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا يَوْمُ ٱلدِّينِ

Arab-Latin: Wa mā adrāka mā yaumud-dīn

Artinya: Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?

« Al-Infitar 16Al-Infitar 18 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Surat Al-Infitar Ayat 17

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Infitar Ayat 17 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan mendalam dari ayat ini. Ada pelbagai penjabaran dari para mufassirun terhadap kandungan surat Al-Infitar ayat 17, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17-19. Tahukah kamu keagungan hari perhitungan amal? Kemudian tahukah kamu keagungan hari hisab? Pada hari itu, tidak ada seorangpun yang bisa memberi manfa’at kepada orang lain. Segala urusan pada hari itu hanya milik Allah semata, tidak ada yang mengalahkan NYA, tidak ada yang berkuasa atas NYA, dan tidak ada yang menentang NYA.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

17-19. Hai manusia, apa yang kamu ketahui tentang beratnya hari pembalasan? Lalu apa yang kamu ketahui tentang kengerian hari pembalasan? Pada hari pembalasan dan perhitungan tidak akan ada seorangpun yang mampu memberi bantuan kepada orang lain, dan seluruh ketetapan pada waktu itu ada di tangan Allah semata.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

17. Tahukah kamu -wahai Rasul- apa hari Pembalasan itu?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17-18. Apakah kalian tahu hakikat hari pembalasan dan perhitungan, apakah engkau tahu tentang itu semua. Kalimat tersebut diulang untuk menyatakan keriuhan dan kegaduhan yang sangat ketika hari kiamat itu tiba


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apakah kamu tahu apa itu hari pembalasan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 13-19

Yang dimaksud dengan orang-orang baik adalah mereka yang menunaikan hak-hak Allah dan hak-hak hambaNya, yang selalu konsisten dengan kebaikan dalam aktivitas hati maupun anggota badan. Balasan mereka adalah kenikmatan di hati, ruh, dan badan di dunia, di alam barzakh, dan di negeri keabadian.
“Dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka,” yang tidak menunaikan hak-hak Allah dan hak-hak hamba secara sempurna, mereka yang hati dan amalnya berdosa, “benar-benar berada dalam neraka,” yaitu dalam azab yang pedih di dunia, di alam barzakh dan di negeri keabadian. “Mereka masuk ke dalamnya,” dan disiksa dengan sekeras-kerasnya, “pada Hari Pembalasan,” yaitu pada hari Hari Pembalasan amal perbuatan. “Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka itu,” yaitu mereka tetap berada di dalamnya dan tidak bisa keluar. “Tahukah kamu apakah Hari Pembalasan itu? Sekali lagi, tahukah kamu apakah Hari Pembalasan itu?” dalam ayat ini terdapat pemberitahuan yang memperbesar huru-hara hari yang sulit yang membuat akal risau, “(yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun untuk menolong orang lain,” meski dekat dan berteman tulus, masing-masing disibukkan oleh diri sendiri dan tidak ingin meminta tolong dari yang lain. “Dan segala urusan pada hari itu dalam kekusaan Allah,” Dia-lah yang menghukumi antara manusia dan mengambilkan hak orang yang dizhalimi dari orang yang menzhalimi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Tahukah kamu keagungan dan kemulian hari pembalasan itu ?


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

وَمَا أَدْرَاكَ مَا يَوْمُ الدِّينِ (17) ثُمَّ مَا أَدْرَاكَ مَا يَوْمُ الدِّينِ " Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?Sekali lagi, tahukah kamu apakah hari pembalasan itu?" Ini adalah istifham (kalimat tanya) untuk menunjukkan pengagungan, yakni: Apa yang bisa memberikan pengetahuan kepadamu tentang hari pembalasan? Maknanya: Ketahuilah hari ini, dudukkanlah sesuai kedudukannya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Infitar ayat 17: 17-19. Kemudian Allah berbicara tentang tulang-belulang pada hari kiamat, Ia berkata : Dan tidaklah engkau mengetahui wahai manusia akan keadaan tulang-belulang pada hari perhitungan dan pembalasan. Ketahuilah wahai sekalian manusia ! Bahwasanya pada hari itu adalah hari yang sangat mengerikan, dimana tidak akan mampu salah seorang memberikan manfaat bagi seorang yang lainnya. Dan segala urusannya kembali kepada Allah semata. “Ya Allah wahai Dzat yang memiliki segala urusan pada setiap masa, masukanlah kami dengan rahmat-mu termasuk kedalam golongan orang-orang yang shalih”.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Infitar Ayat 17

Menegaskan ketegangan hari kebangkitan, Allah bertanya, 'dan tahukah kamu apakah hari pembalasan itu''18. Allah mengulangi sekali lagi pertanyaan-Nya guna memberi efek yang lebih menggetarkan jiwa, 'tahukah kamu apakah hari pembalasan itu''.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjabaran dari para pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Infitar ayat 17 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk ummat. Bantu syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dilihat

Nikmati banyak konten yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 45, Ad-Dukhan, Al-Ma’idah 8, Al-Jin, At-Thalaq, Tentang Al-Quran. Ada pula Al-Baqarah 43, Al-Qamar 49, Ali ‘Imran 97, Ali ‘Imran 139, Al-Isra 25, Al-Hadid 20.

  1. Al-Baqarah 45
  2. Ad-Dukhan
  3. Al-Ma’idah 8
  4. Al-Jin
  5. At-Thalaq
  6. Tentang Al-Quran
  7. Al-Baqarah 43
  8. Al-Qamar 49
  9. Ali ‘Imran 97
  10. Ali ‘Imran 139
  11. Al-Isra 25
  12. Al-Hadid 20

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: