Surat An-Nazi’at Ayat 39

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَإِنَّ ٱلْجَحِيمَ هِىَ ٱلْمَأْوَىٰ

Arab-Latin: Fa innal-jaḥīma hiyal-ma`wā

Artinya: Maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya).

« An-Nazi'at 38An-Nazi'at 40 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Tentang Surat An-Nazi’at Ayat 39

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nazi’at Ayat 39 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah berharga dari ayat ini. Ditemukan variasi penjelasan dari banyak pakar tafsir terkait kandungan surat An-Nazi’at ayat 39, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

37-39. Barangsiapa membangkang terhadap perintah Allah, Dan mementingkan hidup di dunia atas hidup di akhirat, Maka tempat kembalinya adalah neraka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

39. Maka sesungguhnya Neraka merupakan tempat tinggal yang akan ia datangi.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

39. فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِىَ الْمَأْوَىٰ (maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya))
Yakni tempat yang akan menjadi tempat tinggalnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

39. Maka neraka Jahannam menjadi tempat kembali juga tempat tinggalnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya neraka Jahim adalah tempat tinggal (baginya)} tempat kembali


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

(Ayat 37-39)
“Adapun orang yang melampaui batas,” yaitu mealnggar batas seraya berani menerjang maksiat-maksiat besar dan tidak mencukupkan diri pada batasan-batasan Allah “dan lebih mengutamakan kehidupan dunia,” daripada akhirat; usahanya akan tertuju pada dunia dan waktunya dihabiskan untuk bagian dan kepentingan dunia dengan melupakan akhirat dan berbuat untuknya, “maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal” baginya. Neraka menjadi tempat tinggal dan menetap bagi orang yang kondisinya seperti itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Maka sesungguhnya Nerakalah tempat kembali mereka, adalah seburuk-buruknya tempat kembali, dan tiada tempat lain yang akan ia tempati selain itu, mereka tidak akan kembali ke gua atau ke gunung apapaun dan tidak pula mereka akan melarikan diri ke tempat persembunyian, tiada tempat bagi mereka kecuali neraka.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى : “maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal (nya).” Neraka adalah tempat kembalinya, tempat menetap baginya. Seburuk-buruk tempat kembali adalah neraka Jahannam, semoga Allah melindungi kita darinya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Nazi’at ayat 39: 37-39. Kemudian Allah jelaskan bagi siapa yang menghalalkan untuk menerobos batasan-batasan yang telah Allah tetapkan dan kufur kepada-Nya, serta bermaksiat kepada-Nya. Dampak dari (kesenangan) fana yang mereka lakukan di dunia; Allah kabarkan bahwasanya bagi mereka tempat tinggalnya adalah neraka jahannam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nazi’at Ayat 39

37-39. Di akhirat Allah akan memberi putusan kepada manusia, memisahkan mereka menjadi dua kelompok besar. Maka adapun orang yang melampaui batas dengan berlaku musyrik, kafir, dan maksiat, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia daripada akhirat, maka sungguh, nerakalah tempat tinggalnya untuk waktu yang sangat lama. Inilah bukti keadilan Allah. 40-41. Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran tuhannya dengan melakukan amal saleh dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya dengan menaati ajaran agama, maka sungguh, surgalah tempat tinggal-Nya untuk selama-lamanya dengan segala kenikmatan di dalamnya. Itulah anugerah agung tuhan yang maha pemurah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penafsiran dari kalangan mufassir terhadap isi dan arti surat An-Nazi’at ayat 39 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita. Bantulah dakwah kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dilihat

Tersedia ratusan topik yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 165, Al-Ahzab 59, Az-Zalzalah 7, Al-‘Ashr 2, Al-Mukminun 1-11, Al-Anbiya. Serta Ali ‘Imran 185, Al-‘Ankabut 45, An-Nisa 1, An-Nur 31, An-Nur, Al-Isra 24.

  1. Al-Baqarah 165
  2. Al-Ahzab 59
  3. Az-Zalzalah 7
  4. Al-‘Ashr 2
  5. Al-Mukminun 1-11
  6. Al-Anbiya
  7. Ali ‘Imran 185
  8. Al-‘Ankabut 45
  9. An-Nisa 1
  10. An-Nur 31
  11. An-Nur
  12. Al-Isra 24

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: