Surat An-Nazi’at Ayat 36

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَبُرِّزَتِ ٱلْجَحِيمُ لِمَن يَرَىٰ

Arab-Latin: Wa burrizatil-jaḥīmu limay yarā

Artinya: Dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.

« An-Nazi'at 35An-Nazi'at 37 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Tentang Surat An-Nazi’at Ayat 36

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nazi’at Ayat 36 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan mendalam dari ayat ini. Ditemukan beragam penjabaran dari beragam ahli ilmu terkait makna surat An-Nazi’at ayat 36, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

34-36. Dan apabila hari kiamat kubra dengan kesulitannya yang berat telah tiba yang ditandai dengan tiupan sangkakala kedua, Saat itu diperlihatkan kepada manusia amal amalnya yang baik dan yang buruk,dia pun mengingatnya dan mengakuinya, Neraka jahanam ditampakan bagi setiap orang yang memandang yang dapat dilihat dengan mata kepala.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

36. Dan didatangkan Jahanam serta ditampakkan kepada mereka dengan mata telanjang bagi yang melihatnya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

36. وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِمَن يَرَىٰ (dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat)
Yakni dinampakkan sehingga tidak tersembunyi dari siapapun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

36. Dan neraka untuk membakar diperlihatkan/ditampakkan kepada semua.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan neraka Jahim diperlihatkan} ditampakkan {kepada orang yang melihat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

(Ayat 34-36)
Maknanya, bila kiamat besar dan huru-hara besar telah tiba yang menyebabkan semua huru-hara lain menjadi kecil dibanding dengannya, pada saat itu, orang tua tidak lagi ingat anaknya, seseorang tidak lagi ingat pada temannya, semua orang yang mencintai tidak lagi ingat pada kekasih yang dicintainya, “manusia (hanya) teringat akan apa yang telah dikerjakannya,” baik dan buruknya selama di dunia. Masing-masing menghrapkan kebaikannya ditambah meski seberat biji atom. Manusia mengetahui kala itu bahwa modal keuntungan dan kerugiannya adalah perbuatan yang telah dilakukan semasa di dunia. Semua sebab dan ikatan di dunia terputus, kecuali amal perbuatan. “Dan diperlihatkan di neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat,” yakni dijadikan jelas dan nyata bagi setiap orang. Telah disiapkan bagi penghuninya dan siap untuk menyambar mereka seraya menanti perintah Rabbnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Dan diperlihatkanlah Neaka jahannam dihadapan manusia, mereka pun melihat Neraka itu menyala-nyala dengan jelas, lalu bagaimana agar selamat darinya ? tiada penyelamatan dari api neraka kecuali dengan amal shalih yang kita lakukan. maka perhatkan dan ingtalah bahwa peristiwa ini akan terjadi.

{ الْجَحِيمُ } yaitu salah satu dari nama-nama neraka yang ada { وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِمَنْ يَرَىٰ } mereka yang dulunya didunia mendustakan kebangkitan setelah kematian dan mendustakan keberadaan Surga dan Neraka, maka pada hari kiamat Neraka jahannam itu akan nampak dihadapan mereka, dan mereka pun melihatnya dengan mata kepala mereka sendiri, dan tiada bagi mereka yang dapat menolong dari jahannam itu, Allah berfirman : { وَرَأَى الْمُجْرِمُونَ النَّارَ فَظَنُّوا أَنَّهُمْ مُوَاقِعُوهَا وَلَمْ يَجِدُوا عَنْهَا مَصْرِفًا } ( Dan orang-orang yang berdosa melihat neraka, maka mereka meyakini, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya dan mereka tidak menemukan tempat berpaling dari padanya. ) [ Al-Kahfi : 53 ]

Neraka jahannam akan ditampakkan, maka terlihatlah oleh kedua mata dengan nyata dan bukan suatu hayalan, atau sesuatu yang tidak benar adanya, sungguh tiada keraguan dengannya.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِمَنْ يَرَى “dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.” Akan dinampakkan, datang terikatdenga tujuh puluh ribu ikatan setiap ikatan ada tujuh puluh ribu malaikat yang menariknya, bila orang-orang zalim dilemparkan kedalam tempat yang sempi itu, saat ini mereka akan berseru: Binasa!! Jantung-jantung akan tercerai berai dan bayi yang dilahirkan akan beruban seketika.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Nazi’at ayat 36: 34-36. Kemudian Allah kabarkan keadaan orang-orang yang sengsara pada hari kiamat; Allah berkata : Maka jika telah datang hari kiamat besar (wahai manusia !) dan bencana yang besar secara umum, ketahuilah bahwasanya itu adalah tiupan yang kedua. Pada hari itu kondisinya sangat menakutkan, manusia sibuk (atas pertanggung jawaban) urusannya yang telah berlalu (di dunia) dari yang buruk maupun yang baik. Dan ditampilkan amalan-amalannya untuk dibalas atas apa yang (mereka) amalkan di dunia. Pada hari itu, ahli surga mengetahui tempat-tempat tinggalnya masing-masing, dan ahli neraka mengetahui pula. Pada kondisi itu nampak neraka dan ditampakkan bagi orang-orang yang melihatnya. Dan bagi para pendosa, melihat (neraka) dengan mata kepalanya sendiri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nazi’at Ayat 36

34-36. Maka apabila malapetaka besar hari kiamat telah datang dengan hancurnya alam semesta. Yaitu pada hari ketika manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya, yang selama ini mereka lupakan, baik berupa amal baik maupun buruk. Dan nanti di akhirat, neraka dengan segala siksaan yang sangat mengerikan di dalamnya akan diperlihatkan dengan jelas kepada setiap orang yang melihat. 37-39. Di akhirat Allah akan memberi putusan kepada manusia, memisahkan mereka menjadi dua kelompok besar. Maka adapun orang yang melampaui batas dengan berlaku musyrik, kafir, dan maksiat, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia daripada akhirat, maka sungguh, nerakalah tempat tinggalnya untuk waktu yang sangat lama. Inilah bukti keadilan Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari para ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat An-Nazi’at ayat 36 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita bersama. Support perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikunjungi

Terdapat ratusan halaman yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Anbiya, Al-‘Ashr 2, Ali ‘Imran 185, Al-Mukminun 1-11, An-Nur, Al-‘Ankabut 45. Juga An-Nisa 1, An-Nur 31, Al-Isra 24, Al-Baqarah 165, Al-Ahzab 59, Az-Zalzalah 7.

  1. Al-Anbiya
  2. Al-‘Ashr 2
  3. Ali ‘Imran 185
  4. Al-Mukminun 1-11
  5. An-Nur
  6. Al-‘Ankabut 45
  7. An-Nisa 1
  8. An-Nur 31
  9. Al-Isra 24
  10. Al-Baqarah 165
  11. Al-Ahzab 59
  12. Az-Zalzalah 7

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: