Surat Al-Mursalat Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ٱرْكَعُوا۟ لَا يَرْكَعُونَ

Arab-Latin: Wa iżā qīla lahumurka'ụ lā yarka'ụn

Artinya: Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Rukuklah, niscaya mereka tidak mau ruku'.

« Al-Mursalat 47Al-Mursalat 49 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Surat Al-Mursalat Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia kumpulan penjelasan dari para mufassirin terkait isi surat Al-Mursalat ayat 48, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

48. Bila dikatakan kepada orang-orang musyrik, “Shalatlah karena Allah dan tunduklah kepada Allah.” Mereka tidak shalat dan tidak tunduk, sebaliknya mereka bersikukuh menyombongkan diri.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

48-49. Ketika di dunia, jika mereka diperintahkan untuk mentaati Allah dan ruku’ kepada-Nya untuk mengagungkan-Nya; maka mereka akan berpaling dan menolak mentaati perintah Allah. Mereka akan mendapat azab yang berat atas keengganan dan penolakan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Jika dikatakan kepada para pendusta ini, salatlah menghadap Allah, mereka tidak melaksanakan salat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ارْكَعُوا۟ لَا يَرْكَعُونَ (Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Rukuklah, niscaya mereka tidak mau ruku’)
Yakni jika mereka diperintahkan untuk shalat, mereka tidak mau melakukannya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Qatada berkata: Hendaknya kalian rukuk dengan baik, sebab shalat sebuah amal yang sangat penting di sisi Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

47-48. Celaka dan azab bagi mereka para pendusta. Ungkapan/ayat ini diulang 10 kali untuk menambah celaan kepada mereka. Apabila orang kafir diperintah untuk shalat dan berserah diri atas kehendak/perintah Allah, mereka membangkang dengan kesombongan dan kekeraskepalaan. Mujahid berkata: Ayat ini turun untuk suku Tsaqif yang menolak untuk shalat. Sehingga turunlah ayat ini


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Rukuklah,” mereka tidak mau rukuk} "shalatlah" mereka tidak shalat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

46-50. Ini adalah ancaman bagi orang-orang yang mendustakan. Sesungguhnya mereka itu meski makan dan minum di dunia serta mengenyam berbagai kenikmatan dan melalaikan berbagai amalan yang mendekatkan diri mereka kepada Allah, mereka adalah para pendosa yang berhak mendapatkan sesuatu yang didapatkan oleh orang-orang yang berdosa. Terputuslah semua kelezatan mereka dan yang tersisa hanyalah kecelakaan. Di antara dosa mereka adalah ketika mereka diperintahkan untuk shalat yang merupakan ibadah paling mulia dan “apabila dikatakan kepada mereka, ‘Rukuklah’,” mereka enggan melakukannya. Dosa mana yang lebih besar dari dosa ini dan kedustaan mana yang lebih besar dari kedustaan ini? “Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan.” Di antara celaka mereka adalah tertutupnya pintu-pintu pertolongan dan terhalang dari semua kebaikan. Ketika mereka mendustakan al-Quran ini yang merupakan puncak tingkat kebenaran dan keyakinan secara mutlak, “maka kepada perkataan apakah selain al-Quran ini mereka akan beriman,” apakah pada kebatilan yang sama seperti namanya yang tidak berdasar pada syubhat, lebih-lebih dalil? Ataukah pada perkataan orang-orang musyrik dan pendusta yang nyata? Yang ada setelah cahaya terang hanyalah pekatnya kegelapan. Yang ada setelah kebenaran yang dikuatkan oleh berbagai dalil jelas dan bukti-bukti pasti hanyalah kedustaan jelas dan nyata yang hanya layak bagi orang sepertinya. Celakalah mereka dan alangkah butanya mereka. Kita memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah karena sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Mahamulia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 48: Allah menjelaskan penyebab masuknya orang-orang kafir ke jahannam yang mereka telah mendustakannya, Allah berkata : Sungguh jika dikatakan kepada mereka sebagai nasihat dan sebuah petunjuk : Taatilah Allah dan shalatlah kalian; Maka mereka menolak dengan sombong dan keras kepala.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Di antara dosa mereka adalah bahwa apabila mereka diperintahkan shalat yang merupakan ibadah yang paling utama, maka mereka menolaknya. Padahal dosa apa yang lebih besar daripada ini dan pendustaan apa yang lebih besar daripada ini?

Sebagian ahli tafsir mengatakan, bahwa yang dimaksud dengan ruku’ di sini ialah tunduk kepada perintah Allah; sebagian yang lainnya mengatakan, maksudnya ialah shalat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 48

48-49. Salah satu bentuk kedurhakaan mereka digambarkan pada ayat ini. Dan apabila dikatakan kepada mereka, 'rukuklah, ' yaitu salatlah dan taatlah kepada Allah, mereka tidak mau rukuk. Maka celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan kebenaran!48-49


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjabaran dari beragam ahli ilmu terkait makna dan arti surat Al-Mursalat ayat 48 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita bersama. Bantu usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dibaca

Tersedia berbagai konten yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: An-Nisa 1, An-Nur 31, Al-Ahzab 59, Al-‘Ankabut 45, Al-Isra 24, Az-Zalzalah 7. Termasuk Ali ‘Imran 185, Al-‘Ashr 2, An-Nur, Al-Baqarah 165, Al-Anbiya, Al-Mukminun 1-11.

  1. An-Nisa 1
  2. An-Nur 31
  3. Al-Ahzab 59
  4. Al-‘Ankabut 45
  5. Al-Isra 24
  6. Az-Zalzalah 7
  7. Ali ‘Imran 185
  8. Al-‘Ashr 2
  9. An-Nur
  10. Al-Baqarah 165
  11. Al-Anbiya
  12. Al-Mukminun 1-11

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: