Surat Al-Mursalat Ayat 28

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيْلٌ يَوْمَئِذٍ لِّلْمُكَذِّبِينَ

Arab-Latin: Wailuy yauma`iżil lil-mukażżibīn

Artinya: Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan.

« Al-Mursalat 27Al-Mursalat 29 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Tentang Surat Al-Mursalat Ayat 28

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 28 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan mendalam dari ayat ini. Tersedia beberapa penjelasan dari kalangan mufassirun berkaitan makna surat Al-Mursalat ayat 28, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

28. Kebinasaan dan azab yang berat pada Hari Kiamat bagi orang-orang yang mendustakan nikmat-nikmat ini.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

28. Kehancuran, siksa dan kerugian pada hari itu untuk para pendusta yang mendustakan apa yang dibawa oleh para Rasul dari sisi Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

28. Celaka dan azab, bagi mereka yang mendustakan nikmat yang Kami berikan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25-28. Maknanya, bukankah Kami telah memberi kalian karunia dan nikmat berupa ditundukannya bumi demi kemaslahatan kalian lalu Kami menjadikannya, “(tempat) berkumpul,” bagi kalian semua, “orang-orang hidup,” di bumi “dan orang-orang mati,” di dalam kubur. Sebagaimana rumah dan istana merupakan salah satu nikmat dan karunia yang diberikan Allah pada hamba-hambaNya, kuburan juga merupakan rahmat bagi mereka dan sebagai pelindung agar jasad mereka tidak dimakan oleh binatang buas dan lainnya. “Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi,” yakni gunung tinggi melebihi bumi agar tidak goncang bersama penghuninya. Allah mengokohkan bumi dengan gunung-gunung yang tinggi dan membentang. “Dan kami beri minum kamu dengan air tawar,” yaitu air yang enak dikonsumsi (yang tidak asin). Allah berfirman,
“Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya? Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur? -Al-Waqiah:68-70-
“Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan,” padahal Allah telah memperlihatkan berbagai nikmat pada mereka yang dikhususkan pada mereka, tapi mereka justru membalasnya dengan mendustakan (nya).


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 28: Allah mengancam orang-orang yang mendustakan hari kebangkitan dengan berkata : Sungguh (mereka) akan celaka dan merugi pada hari ini yaitu orang-orang yang mendustakan Allah, Rasul-Nya dan Kitab suci-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala memperlihatkan kepada mereka berbagai nikmat yang diberikan-Nya, namun mereka (orang-orang yang mendustakan) masih saja menyikapinya dengan mendustakan, sehingga pantaslah jika mereka mendapatkan kecelakaan yang besar.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 28

27-28. Dan di samping nikmat di atas kami juga jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi lagi kokoh, sehingga menjadikan bumi tetap stabil, dan kami beri minum kamu dengan air tawar' celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan kebenaran. 29-31. Pada bagian terdahulu dijelaskan tentang ancaman Allah kepada yang durhaka. Kelompok ayat ini menerangkan sekelumit ancaman tersebut nanti di akhirat. Akan dikatakan kepada mereka, 'pergilah kamu wahai para pendurhaka, mendapatkan apa azab yang dahulu kamu dustakan. Pergilah kamu mendapatkan naungan asap api neraka yang mempunyai tiga cabang, yang tidak melindungi yaitu tidak menaungi dari panasnya api neraka, dan tidak pula menolak jilatan nyala api neraka yang sangat panas. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjabaran dari beragam pakar tafsir terkait makna dan arti surat Al-Mursalat ayat 28 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita. Bantu kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dikunjungi

Ada ratusan konten yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Mukminun 1-11, Al-Isra 24, Al-Ahzab 59, An-Nur 31, An-Nur, An-Nisa 1. Ada pula Al-‘Ashr 2, Az-Zalzalah 7, Al-‘Ankabut 45, Al-Anbiya, Ali ‘Imran 185, Al-Baqarah 165.

  1. Al-Mukminun 1-11
  2. Al-Isra 24
  3. Al-Ahzab 59
  4. An-Nur 31
  5. An-Nur
  6. An-Nisa 1
  7. Al-‘Ashr 2
  8. Az-Zalzalah 7
  9. Al-‘Ankabut 45
  10. Al-Anbiya
  11. Ali ‘Imran 185
  12. Al-Baqarah 165

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: