Surat Al-Muzzammil Ayat 12

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ لَدَيْنَآ أَنكَالًا وَجَحِيمًا

Arab-Latin: Inna ladainā angkālaw wa jaḥīmā

Artinya: Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala.

« Al-Muzzammil 11Al-Muzzammil 13 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Surat Al-Muzzammil Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muzzammil Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan berharga dari ayat ini. Ada beragam penafsiran dari kalangan mufassirun berkaitan makna surat Al-Muzzammil ayat 12, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12-13. Sesungguhnya Kami telah menyediakan bagi mereka di akhirat belenggu-belenggu yang berat, api neraka yang menyala-nyala yang membakar mereka, makanan yang sangat pahit yang tertahan pada kerongkongan dan sulit tertelan, dan azab yang menyakitkan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

12-13. Allah menyiapkan bagi orang-orang yang mendustakan kebenaran itu rantai-rantai besar dan berat yang digunakan untuk mengikat mereka, api yang berkobar yang akan mereka masuki, makanan di neraka yang akan menyangkut di tenggorokan jika ditelan, dan berbagai azab lain yang menghinakan sebagai balasan atas pendustaan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Sesungguhnya Kami mempunyai belenggu-belenggu yang berat di akhirat dan api yang menyala-nyala.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

12. إِنَّ لَدَيْنَآ أَنكَالًا (Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat)
Makna (الأنكال) yakni berbagai macam azab yang keras.

وَجَحِيمًا(dan neraka)
Yakni api neraka yang bergejolak.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Suleiman al-Taymi membacanya dan berkata: “Demi Allah, ini adalah rantai berat yang tidak akan pernah lepas, Lalu dia menangis.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12. Sesungguhnya Kami mempunyai belenggu-belunggu yang dahsyat, dan neraka yang menyala-nyala dan membara


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya di sisi Kami ada belenggu-belenggu} ikatan yang berat {neraka Jahim


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

12-13. Maksudnya, sesungguhnya di sisi Kami terdapat “belenggu-belenggu yang berat,” siksa yang berat yang Kami jadikan siksaan bagi orang yang terus menerus berada di atas apa yang membuat murka Allah, “dan neraka yang menyala-nyala,” yaitu api yang berkobar, “dan makanan yang menyumbat di kerongkongan,” karena pahit, buruk, amat tidak enak, dan berbau busuk, “dan azab yang pedih,” yang menyakitkan dan mengerikan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muzzammil ayat 12: 11-14. Allah berkata dengan mengancam : Tinggalkan wahai Nabi Allah atas mereka orang-orang yang mendustakan ayat-Ku, yaitu mereka yang mengingkari agama Allah, orang-orang berharta, kaya dan penuh kemewahan; Biarkan mereka di atas kebathilannya dalaam waktu yang sebentar; Mereka akan diadzab dan dihisab di sisi Ku. Dan agar mereka (para pendusta) paham, bahwasanya mereka di sisi Kami pada hari kiamat di ikat dengan beban yang di letakkan di kedua kaki mereka sebagai penghinaan bagi mereka. Dan di sisi kami ada neraka yang keras yang apinya menyala-nyala yang mereka akan dilemparkan ke dalamnya. Dan di sisi kami juga ada makanan yang tidak mengenyangkan dan menyenangkan; Bahkan akan menyangkut (ketika dimakan) di tenggorkan karena sebab kejelekannya dan keburukannya. Seperti zaqum dan makanan berduri, dan di sisi kami pula terdapat adzab yang pedih dan menyakitkan. Adzab ini akan diberikan pada hari kiamat bagi orang-orang kafir dan para pengingkar dakwah. Hari dimana gunung, bumi bergoncang dan gempa serta bergerak. Dan gunung menjadi tumpukan pasir yang berterbangan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang disiapkan untuk mereka yang mendustakan itu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muzzammil Ayat 12

11-13. Setelah segala cara ditempuh untuk mengajak kaum musyrik beriman, ternyata mereka tetap musyrik, maka tidak perlu berkecil hati, karena Allah yang akan membalas mereka. Dan biarkanlah aku yang bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan, yang memiliki segala kenikmatan hidup, dan berilah mereka penangguhan sebentar saja, karena sungguh, di sisi kami ada belenggu-belenggu yang berat yang akan mengikat mereka dan api neraka yang menyala-Nyala, dan mereka juga diberi makanan tetapi ada makanan yang apabila dimakan akan menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjabaran dari beragam pakar tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Muzzammil ayat 12 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita. Sokonglah syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dicari

Baca ratusan topik yang tersering dicari, seperti surat/ayat: An-Nur 31, Al-Anbiya, Al-‘Ashr 2, Al-Baqarah 165, Al-Isra 24, An-Nur. Termasuk Al-Mukminun 1-11, An-Nisa 1, Ali ‘Imran 185, Al-Ahzab 59, Az-Zalzalah 7, Al-‘Ankabut 45.

  1. An-Nur 31
  2. Al-Anbiya
  3. Al-‘Ashr 2
  4. Al-Baqarah 165
  5. Al-Isra 24
  6. An-Nur
  7. Al-Mukminun 1-11
  8. An-Nisa 1
  9. Ali ‘Imran 185
  10. Al-Ahzab 59
  11. Az-Zalzalah 7
  12. Al-‘Ankabut 45

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: