Surat Al-Muzzammil Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَذَرْنِى وَٱلْمُكَذِّبِينَ أُو۟لِى ٱلنَّعْمَةِ وَمَهِّلْهُمْ قَلِيلًا

Arab-Latin: Wa żarnī wal-mukażżibīna ulin-na'mati wa mahhil-hum qalīlā

Artinya: Dan biarkanlah Aku (saja) bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan itu, orang-orang yang mempunyai kemewahan dan beri tangguhlah mereka barang sebentar.

« Al-Muzzammil 10Al-Muzzammil 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Tentang Surat Al-Muzzammil Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muzzammil Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah penting dari ayat ini. Tersedia berbagai penjelasan dari para mufassirun berkaitan isi surat Al-Muzzammil ayat 11, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11. Biarkanlah Aku (wahai Rasul) dengan orang-orang yang mendustakan ayat-ayatKu yang bergelimang kenikmatan dan kemewahan hidup di dunia, berilah mereka penangguhan untuk beberapa saat dengan menunda azab atas mereka hingga ajal ketetapan azab atas mereka datang.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

11. Dan berpalinglah dari orang-orang yang mendustakan dan menyakitimu, janganlah kamu membalas mereka dengan perbuatan yang serupa; serahkanlah mereka kepada-Ku, Aku yang akan membalas mereka dengan balasan yang setimpal. Kebanyakan dari orang-orang yang mendustakanmu itu hidup dalam kemewahan dan kenikmatan, namun semua itu akan berakhir dengan kematian mereka yang akan segera datang, atau berakhir dengan kemenangan Islam.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Janganlah engkau pedulikan urusan para pendusta yang hanya menikmati kenikmatan dunia, biarkanlah Aku berbuat terhadap mereka, dan tunggulah sebentar hingga ajal mereka datang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. وَذَرْنِى وَالْمُكَذِّبِينَ (Dan biarkanlah Aku (saja) bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan itu)
Yakni serahkan mereka kepada-Ku, dan jangan lagi kamu pedulikan mereka, sebab cukuplah Aku yang mengurus mereka dan membelas perbuatan mereka untukmu.

أُو۟لِى النَّعْمَةِ (orang-orang yang mempunyai kemewahan)
Yakni orang-orang yang berada dalam kekayaan, kelapangan, kemewahan, dan kenikmatan dunia.

وَمَهِّلْهُمْ قَلِيلًا (dan beri tangguhlah mereka barang sebentar)
Sampai datang ajal mereka. Pendapat lain mengatakan: yakni sampai turunnya azab bagi mereka di dunia.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Biarkan Aku (Allah) yang bertindak dan biarkan orang-orang yang berdusta itu dengan risalahmu. Aku berkuasa untuk menghukum mereka, Aku akan mencukupkan urusanmu atas mereka. Mereka telah memiliki dan menikmati harta dan anak mereka. Tunggu saja sebentar, biarkanlah mereka, dengan lembut dan tanpa memberi hukuman. Ayat ini diturunkan untuk orang-orang sombong Quraisy dan pengolok-olok dari para pembesar Makkah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Biarkanlah Aku, terhadap para pendusta yang memiliki segala kenikmatan hidup} orang yang memiliki kenikmatan dan hiburan di dunia {dan tangguhkanlah mereka sementara} sebentar saja sampai selesai ajal mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

11. “Dan biarkanlah Aku (saja) bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan itu,” yakni, tinggalkan antara Aku dengan mereka. Aku akan membalas mereka, meski Aku memberi mereka waktu, bukan berarti Aku melalaikan mereka. Allah berfirman, “Orang-orang yang mempunyai kemewahan,” yakni para pemilik kenikmatan dan kekayaan yang bertindak melampaui batas pada saat Allah memperluas rizki mereka dan melapangkan mereka berkat karuniaNya seperti disebutkan dalam firmanNya,
“Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas, karena dia melihat dirinya serba cukup.” -Al-Alaq: 6-7-


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muzzammil ayat 11: 11-14. Allah berkata dengan mengancam : Tinggalkan wahai Nabi Allah atas mereka orang-orang yang mendustakan ayat-Ku, yaitu mereka yang mengingkari agama Allah, orang-orang berharta, kaya dan penuh kemewahan; Biarkan mereka di atas kebathilannya dalaam waktu yang sebentar; Mereka akan diadzab dan dihisab di sisi Ku. Dan agar mereka (para pendusta) paham, bahwasanya mereka di sisi Kami pada hari kiamat di ikat dengan beban yang di letakkan di kedua kaki mereka sebagai penghinaan bagi mereka. Dan di sisi kami ada neraka yang keras yang apinya menyala-nyala yang mereka akan dilemparkan ke dalamnya. Dan di sisi kami juga ada makanan yang tidak mengenyangkan dan menyenangkan; Bahkan akan menyangkut (ketika dimakan) di tenggorkan karena sebab kejelekannya dan keburukannya. Seperti zaqum dan makanan berduri, dan di sisi kami pula terdapat adzab yang pedih dan menyakitkan. Adzab ini akan diberikan pada hari kiamat bagi orang-orang kafir dan para pengingkar dakwah. Hari dimana gunung, bumi bergoncang dan gempa serta bergerak. Dan gunung menjadi tumpukan pasir yang berterbangan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Seperti para tokoh mereka (kaum kafir Mekkah).

Mereka bersikap melampaui batas ketika Allah Subhaanahu wa Ta'aala meluaskan rezeki-Nya dan melimpahkan karunia-Nya, seperti yang difirmankan Allah Subhaanahu wa Ta'aala, “Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas,-- Karena dia melihat dirinya serba cukup.” (Terj. Al ‘Alaq: 6-7)

Oleh karena itu, tidak lama kemudian para tokoh mereka terbunuh di perang Badar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muzzammil Ayat 11

11-13. Setelah segala cara ditempuh untuk mengajak kaum musyrik beriman, ternyata mereka tetap musyrik, maka tidak perlu berkecil hati, karena Allah yang akan membalas mereka. Dan biarkanlah aku yang bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan, yang memiliki segala kenikmatan hidup, dan berilah mereka penangguhan sebentar saja, karena sungguh, di sisi kami ada belenggu-belenggu yang berat yang akan mengikat mereka dan api neraka yang menyala-Nyala, dan mereka juga diberi makanan tetapi ada makanan yang apabila dimakan akan menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penafsiran dari berbagai ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-Muzzammil ayat 11 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita bersama. Support usaha kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Banyak Dilihat

Baca ratusan konten yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7, Al-Anbiya, An-Nur, An-Nur 31, Al-Baqarah 165, Ali ‘Imran 185. Ada pula Al-Isra 24, Al-‘Ashr 2, Al-‘Ankabut 45, Al-Mukminun 1-11, Al-Ahzab 59, An-Nisa 1.

  1. Az-Zalzalah 7
  2. Al-Anbiya
  3. An-Nur
  4. An-Nur 31
  5. Al-Baqarah 165
  6. Ali ‘Imran 185
  7. Al-Isra 24
  8. Al-‘Ashr 2
  9. Al-‘Ankabut 45
  10. Al-Mukminun 1-11
  11. Al-Ahzab 59
  12. An-Nisa 1

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: