Surat Al-Jin Ayat 7

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَنَّهُمْ ظَنُّوا۟ كَمَا ظَنَنتُمْ أَن لَّن يَبْعَثَ ٱللَّهُ أَحَدًا

Arab-Latin: Wa annahum ẓannụ kamā ẓanantum al lay yab'aṡallāhu aḥadā

Artinya: Dan sesungguhnya mereka (jin) menyangka sebagaimana persangkaan kamu (orang-orang kafir Mekah), bahwa Allah sekali-kali tidak akan membangkitkan seorang (rasul)pun,

« Al-Jin 6Al-Jin 8 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Mengenai Surat Al-Jin Ayat 7

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jin Ayat 7 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah menarik dari ayat ini. Terdapat variasi penafsiran dari berbagai pakar tafsir mengenai kandungan surat Al-Jin ayat 7, antara lain sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Orang-orang kafir dari kalangan manusia menyangka sebagaimana kalian (wahai para jin) bahwa Allah tidak membangkitkan siapa pun sesudah kematian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

7. Manusia yang meminta perlindungan kepada para pemimpin jin dari jin-jin lainnya itu sama sekali tidak beriman kepada Allah dan hari kebangkitan, demikian pula jin-jin yang durhaka, sehingga mereka sama-sama dalam kekafiran dan kesesatan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

7. Dan bahwa manusia menyangka sebagaimana kalian -wahai para jin- juga menyangka bahwa Allah sekali-kali tidak akan membangkitkan seseorang setelah kematiannya untuk perhitungan amalnya dan pembalasan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

7. Bahwa manusia mengira seperti apa yang kalian kira wahai jin. Mereka mengira bahwa Allah tidak akan membangkitkan siapapun, sehingga tidak ada hari kebangkitan dan hari pembalasan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya mereka mengira sebagaimana kalian mengira} sesungguhnya manusia mengira sebagaimana kalian mengira wahai jin {bahwa Allah tidak akan membangkitkan kembali siapa pun


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

7. Maksudnya, ketika mereka mengingkari Hari Kebangkitan, mereka melakukan kesyirikan dan tindakan yang melampaui batas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jin ayat 7: Berkata para jin yang mendengar Al Qur’an : Sesungguhnya mereka jin yang bodoh menyangka bahwa Allah tidak akan membangkitkan seorang pun di antara mereka / makhluk setelah kematian, ini hanyalah sangkaan dan keyakinan yang juga kalian yakini wahai orang-orang kafir.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Oleh karena mereka mengingkari kebangkitan, maka mereka berani berbuat syirk dan melampui batas.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jin Ayat 7

Dan sesungguhnya mereka jin mengira seperti kamu orang kaum musyrik mekah yang juga mengira bahwa Allah tidak akan membangkitkan kembali siapa pun pada hari kiamat untuk dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya. 8. Setelah berbicara yang berkaitan dengan tidak adanya hari kebangkitan, jin tersebut yang telah sadar tersebut melanjutkan ucapannya, "dan sesungguhnya kami jin telah mencoba berusaha keras untuk mengetahui rahasia langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dari para malaikat dan panah-panah api yang menghalangi kami dan siapa pun untuk mendekat. ".


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjelasan dari beragam ahli tafsir terkait isi dan arti surat Al-Jin ayat 7 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Dukunglah usaha kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dikunjungi

Baca banyak materi yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7, Al-Ahzab 59, Al-Mukminun 1-11, Al-‘Ashr 2, An-Nur 31, Al-‘Ankabut 45. Juga Al-Anbiya, Al-Isra 24, An-Nisa 1, Ali ‘Imran 185, An-Nur, Al-Baqarah 165.

  1. Az-Zalzalah 7
  2. Al-Ahzab 59
  3. Al-Mukminun 1-11
  4. Al-‘Ashr 2
  5. An-Nur 31
  6. Al-‘Ankabut 45
  7. Al-Anbiya
  8. Al-Isra 24
  9. An-Nisa 1
  10. Ali ‘Imran 185
  11. An-Nur
  12. Al-Baqarah 165

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: