Surat Nuh Ayat 8

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุซูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฏูŽุนูŽูˆู’ุชูู‡ูู…ู’ ุฌูู‡ูŽุงุฑู‹ุง

Arab-Latin: แนกumma innฤซ da'autuhum jihฤrฤ

Artinya: Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan,

ยซ Nuh 7 โœต Nuh 9 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Nuh Ayat 8

Paragraf di atas merupakan Surat Nuh Ayat 8 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan penting dari ayat ini. Diketemukan beberapa penafsiran dari kalangan mufassirun berkaitan kandungan surat Nuh ayat 8, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-10. Nuh berkata, โ€œwahai Tuhanku, sesungguhnya aku telah mengajak kaumku untuk beriman kepadaMu malam dan siang, tetapi ajakanku kepada mereka agar beriman tidak membuat mereka kecuali berlari dan berpaling. Setiap kali aku mengajak mereka agar beriman kepadaMu, agar dosa-dosa mereka diampuni, mereka meletakkan jari-jari mereka di telinga-telinga mereka, agar mereka tidak mendengar dakwah kebenaran, mereka menutup wajah mereka dengan kain agar tidak melihatku, mereka tetap bersikukuh di atas kekafiran mereka, menyombongkan diri dan menolak iman dengan kesombongan yang besar. Kemudia aku mengajak mereka agar beriman secara terang-terangan, tidak bersembunyi. Kemudian aku mengumumkan dakwah dengan suara tinggi dalam satu kondisi dan memelankannya dalam kondisi lainnya. Aku berkata kepada kaumku, โ€˜Mintalah ampunan dari dosa-dosa kalian, sesungguhnya Allah Maha Pengampun bagi siapa yang bertaubat dari hamba-hambaNya dan kembali kepadaNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

8-9. Nabi Nuh melanjutkan munajatnya, bahwa dia telah menempuh berbagai macam cara dalam berdakwah kepada kaumnya. Dia telah berdakwah secara terang-terangan dan sembunyi-sembunyi; dan ini menunjukkan bahwa dia telah menyeru kaumnya ketika mereka berkumpul atau sendiri-sendiri sesuai dengan keadaan kaumnya, sebab sebagian mereka lebih tepat untuk diseru dengan cara berkelompok dan terang-terangan, dan sebagian lainnya lebih tepat untuk diseru dengan cara sendiri-sendiri dan rahasia.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

8. Kemudian aku -wahai Rabbku- menyeru mereka secara terang-terangan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8. ุซูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ู‰ ุฏูŽุนูŽูˆู’ุชูู‡ูู…ู’ ุฌูู‡ูŽุงุฑู‹ุง (Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan)
Yakni menampakkan dakwah dan menyampaikannya kepada mereka secara terang-terangan.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

8-9

Menvariasikan metode dakwah: { ุซูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฏูŽุนูŽูˆู’ุชูู‡ูู…ู’ ุฌูู‡ูŽุงุฑู‹ุง } "Kemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan" [8] { ุซูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ู“ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู†ุชู ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุณู’ุฑูŽุฑู’ุชู ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูุณู’ุฑูŽุงุฑู‹ุง } "Kemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam" [9]. Merupakan diantara hikmah penggabungan antara penyampaian secara terbukan dengan penyampaian secara tertutup; untuk menghilangkan apa yang terjadi dalam jiwa orang yang diundang, seperti menuduh seorang da'i dengan mengatakan bahwa dia hanya ingin dari dakwahnya di depan umum untuk mencoreng kehormatannya dan mendiskreditkan nama baiknya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

8. Kemudian aku mengajak mereka secara terang-terangan dengan suara yang tinggi untuk beriman kepadaMu ya Allah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kemudian, sesungguhnya aku menyeru mereka dengan terang-terangan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-9. โ€œKemudian sesungguhnya aku telah menyeru mereka (kepada iman) dengan cara terang-terangan,โ€ yakni didengar oleh mereka semua, โ€œkemudian sesungguhnya aku (menyeru) mereka (lagi) dengan terang-terangan dan dengan diam-diam.โ€ Semua ini adalah kegigihan dan ketulusan serta usaha yang dinilai bisa mengarahkan pada tujuan yang dimaksud.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Nuh ayat 8: 8-10. Nuh berkata : Kemudian sungguh aku wahai Tuhanku, berdakwah dengan terang-terangan kepada mereka untuk mengajak kepada tauhid dan aku jelaskan akan tauhid di hadapan mereka semuanya. Dan aku mendatangi mereka wahai Tuhanku dari segala pintu, berharap agar mendapatkan hasil dengan maksud agar mereka menerima tauhid. Aku juga terkadang mengumumkan dakwahku dengan suara lantang kepada mereka, dan dengan sembunyi-sembunyi dengan suara yang pelan (terkadang pula). Kemudian berkata Nuh kepada kaumnya : Kalian mintalah ampunan dari Rabb kalian atas kesyrikan, pengingkaran dan maksiat kalian yang terang-terangan. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun bagi hamba-Nya yang bertauhid, bertaubat dan beristighfar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dakwah ini dilakukan setelah dakwah dengan cara diam-diam tidak berhasil, Beliau memperdengarkan kepada mereka semua.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Nuh Ayat 8

8-9. Nabi nuh melanjutkan pengaduannya kepada Allah. Lalu sesungguhnya aku telah menyeru mereka dengan cara terang-terangan dengan suara yang jelas dan di hadapan umum. Kemudian pada kesempatan lain aku menyeru mereka dengan dua cara sekaligus yaitu secara terbuka dan dengan diam-diam


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjelasan dari para ulama mengenai kandungan dan arti surat Nuh ayat 8 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk ummat. Dukung syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Sering Dikunjungi

Ada ratusan halaman yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: An-Nur, Al-Isra 24, Al-Baqarah 165, Al-‘Ashr 2, Al-‘Ankabut 45, Al-Ahzab 59. Termasuk Ali ‘Imran 185, An-Nur 31, Al-Anbiya, An-Nisa 1, Az-Zalzalah 7, Al-Mukminun 1-11.

  1. An-Nur
  2. Al-Isra 24
  3. Al-Baqarah 165
  4. Al-‘Ashr 2
  5. Al-‘Ankabut 45
  6. Al-Ahzab 59
  7. Ali ‘Imran 185
  8. An-Nur 31
  9. Al-Anbiya
  10. An-Nisa 1
  11. Az-Zalzalah 7
  12. Al-Mukminun 1-11

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: