Surat Al-Ma’arij Ayat 40

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَلَآ أُقْسِمُ بِرَبِّ ٱلْمَشَٰرِقِ وَٱلْمَغَٰرِبِ إِنَّا لَقَٰدِرُونَ

Arab-Latin: Fa lā uqsimu birabbil-masyāriqi wal-magāribi innā laqādirụn

Artinya: Maka aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

« Al-Ma'arij 39Al-Ma'arij 41 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Dengan Surat Al-Ma’arij Ayat 40

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ma’arij Ayat 40 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penafsiran dari berbagai mufassir berkaitan isi surat Al-Ma’arij ayat 40, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

40. Allah bersumpah dengan diriNya, Dia adalah Tuhan yang mengatur tempat-tempat terbit dan terbenamnya matahari, rembulan serta planet-planet lainnya, karena ia mengandung tanda-tanda menggagumkan yang menunjukkan adanya kebangkitan. Sesungguhnya Kami memiliki kemampuan yang sempurna.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

40-41. Ini merupkan sumpah dengan tempat-tempat terbit matahari dan tempat-tempat terbenamnya; atau dengan tempat-tempat terbit matahari, bulan, bintang-bintang dan tempat-tempat tenggelamnya.

Dan isi dari sumpah ini bahwa Allah Maha Kuasa untuk membinasakan orang-orang musyrik, dan mengganti mereka dengan kaum lain yang lebih baik yang mentaati perintah Allah dan tidak menentang-Nya. Hal itu tidaklah sulit bagi Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

40. Allah bersumpah dengan Rabb terbitnya matahari dan bulan, "Sesungguhnya Kami benar-benar Mahakuasa,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

40. فَلَآ أُقْسِمُ (Maka aku bersumpah)
Yakni aku bersumpah.

بِرَبِّ الْمَشٰرِقِ وَالْمَغٰرِبِ(dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat)
Yakni tempat terbit dan tenggelamnya matahari setiap harinya di sepanjang tahun.
إِنَّا لَقٰدِرُونَ(sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa)


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

40. Aku bersumpah demi Tuhan yang memiliki Timur dan Barat untuk (digunakan sebagai tempat terbit dan terbenamnya) matahari, bulan, dan bintang. Sesungguhnya kami Maha Kuasa atas segala sesuatu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka Aku bersumpah} Aku bersumpah, huruf "Laa" untuk menegaskan sumpah {dengan Tuhan arah timur dan arah barat sesungguhnya Kami benar-benar Maha kuasa


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

40-41. Ini adalah sumpah Allah dengan arah timur (tempat terbit) dan barat (tempat terbenam) bagi matahari, bulan dan bintang, karena padanya terdapat tanda-tanda nyata atas pastinya Hari Kebangkitan serta kekuasaan Allah untuk mengganti orang-orang seperti mereka, padahal mereka menyaksikan sendiri, sebagaimana yang disebutkan dalam Firman Allah,
dan menciptakan kamu kelak (di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui.
-Alwaqiah:61-
“Dan Kami sekali-kali tidak dapat dikalahkan,” yakni tidak ada seorang pun yang mengalahkan Kmai dan melemahkan Kami jika Kami ingin mengembalikannya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ma’arij ayat 40: Allah bersumpah dengan diri-Nya yang menguasai timur dan barat, yang Ia mampu atas segalanya. Tidak ada sesuatupun yang melemahkan-Nya di bumi dan di langit. Dan Allah menjadikan bentuk jamak dalam Al Masyaariq karena matahari setiap harinya terbit dari tempat munculnya (di timur), begitu juga Al Maghaarib (tempat terbenamnya di barat).


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ini merupakan sumpah Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan tempat-tempat terbit dan terbenamnya matahari, bulan dan bintang, karena di sana terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah yang menunjukkan bahwa Dia berkuasa membangkitkan dan berkuasa mengganti mereka dengan kaum yang lebih baik.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ma’arij Ayat 40

40-41. Ayat ini untuk menegaskan kemahakuasaan Allah. Maka aku bersumpah demi tuhan yang mengatur tempat-tempat terbit dan terbenamnya matahari, bulan dan bintang, sungguh kami benar-benar mahakuasa atas segala sesuatu, dan kami pasti mampu untuk mengganti mereka yang kafir itu dengan kaum yang lebih baik dari mereka, dan kami sekali-kali tidak dapat dikalahkan oleh siapa pun


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjabaran dari kalangan ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-Ma’arij ayat 40 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Support perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dilihat

Kaji ratusan halaman yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Ahzab 59, Al-Isra 24, Al-Anbiya, Al-‘Ashr 2, An-Nur 31, Al-Baqarah 165. Juga An-Nisa 1, An-Nur, Az-Zalzalah 7, Al-‘Ankabut 45, Al-Mukminun 1-11, Ali ‘Imran 185.

  1. Al-Ahzab 59
  2. Al-Isra 24
  3. Al-Anbiya
  4. Al-‘Ashr 2
  5. An-Nur 31
  6. Al-Baqarah 165
  7. An-Nisa 1
  8. An-Nur
  9. Az-Zalzalah 7
  10. Al-‘Ankabut 45
  11. Al-Mukminun 1-11
  12. Ali ‘Imran 185

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: