Surat Al-Haqqah Ayat 6

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَمَّا عَادٌ فَأُهْلِكُوا۟ بِرِيحٍ صَرْصَرٍ عَاتِيَةٍ

Arab-Latin: Wa ammā 'ādun fa uhlikụ birīḥin ṣarṣarin 'ātiyah

Artinya: Adapun kaum 'Aad maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi amat kencang,

« Al-Haqqah 5Al-Haqqah 7 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Surat Al-Haqqah Ayat 6

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Haqqah Ayat 6 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan penting dari ayat ini. Ditemukan beragam penafsiran dari para ulama tafsir berkaitan kandungan surat Al-Haqqah ayat 6, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-8. Kaum Tsamud dibinasakan dengan suara teriakan menggelegar yang kerasnya melewati batas.
Kaum Ad dibinasakan dengah angin dingin yang kencang.
Allah mengirimkannya kepada mereka selama 7 malam dan 8 hari terus-menerus, tidak berhenti tidak terputus. Kamu melihat mereka di hari-hari dan malam-malam tersebut mati seolah-olah mereka adalah pangkal pohon kurma yang teronggok yang rapuh bagian dalamnya.
Apakah kamu melihat yang tersisa yang selamat dari mereka?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

6. Sedangkan balasan bagi kaum ‘Ad - mereka adalah kaum Nabi Hud- atas pendustaan mereka adalah kebinasaan dari Allah dengan angin kencang yang menghancurkan dan sangat dingin, sehingga tidak ada sesuatupun yang dilewatinya melainkan akan tumbang, tidak ada apapun yang dapat menghalanginya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

6. Adapun 'Ād, mereka telah dibinasakan oleh Allah dengan angin yang sangat dingin dan keras, yang sampai pada puncak kekerasannya atas mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

6. وَأَمَّا عَادٌ فَأُهْلِكُوا۟ بِرِيحٍ صَرْصَرٍ (Adapun kaum ‘Aad maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin)
‘Aad adalah kaum Nabi Huud. Dan makna (الريح الصرصار) yakni angin yang sangat dingin. Sedangkan (العاتية) yakni angin yang sangat membinasakan karena hembusannya yang sangat kencang, waktunya yang lama, dan hawanya yang dingin.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. Sedangkan kaum ‘Aad, mereka dihancurkan dengan angin yang memiliki suara sangat keras, dingin dan sangat kencang. Angin yang sangat kuat dalam melakukan penghancuran


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{sedangkan kaum ‘Ad telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin} dingin {yang sangat kencang} berhembus sangat kencang


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

6. “Adapun kaum ‘Ad, maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin,” yaitu angin yang bertiup sangat kencang yang mengeluarkan gemuruh keras melebihi suara halilintar, “lagi amat kencang,” yang melebihi batas menurut mayoritas ahli tafsir. Atau menerjang kaum ‘Ad dan melebihi batasnya sebagaimana menurut pendapat yang benar.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Haqqah ayat 6: 6-8. Allah mengabarkan bahwa Ad binasa dengan sebab angin yang dahsyat, badai besar dan dingin. Angin ini Allah timpakan kepada mereka selama delapan hari, tujuh malam berturut-turut; Maka binasalah mereka semua, hingga engkau akan melihat kaum yang mati, yang mereka sebagaimana pohon kurma yang dicabut akarnya dari perut bumi. Apakah engkau melihat mereka ada yang tersisa seorangpun setelah adzab menimpanya ? Lokasi kaum Ad di Rub Al Khali, yaitu antara Najran dan laut arab. Mereka adalah kaum yang kuat dan menampakkan kesombongan sebagaimana Amerika saat ini. Maka Allah membinasakan mereka dengan udara ini yang membawa oksigen untuk kehidupan jasad : وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ artinya : Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri, {Al Muddattsir : 31}.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni angin yang sangat kencang hembusannya sampai memiliki suara melebihi suara guruh.

Yakni yang keras sampai melampaui batas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Haqqah Ayat 6

6-8. Sedangkan kaum 'ad, mereka telah dibinasakan dengan angin topan yang sangat dingin dan memiliki daya rusak yang sangat kuat. Allah menimpakan angin itu sebagai bentuk siksa kepada mereka dengan kekuasaan-Nya selama tujuh malam delapan hari terus-menerus tanpa henti untuk membinasakan mereka. Maka kamu melihat kaum 'ad pada waktu itu mati bergelimpangan seperti batang-batang pohon kurma yang telah kosong yaitu telah lapuk bagian dalamnya. Maka adakah kamu wahai siapa pun kamu, melihat seorang pun yang masih tersisa di antara mereka' tidak tersisa satu orang pun. Ltu berarti mereka sama sekali tidak memiliki keturunan yang dapat melanjutkan regenerasi kaum mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari banyak ahli ilmu mengenai isi dan arti surat Al-Haqqah ayat 6 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dicari

Kaji ratusan konten yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 159, Al-Fil, Al-Insyirah, Inna Lillahi, Al-‘Alaq, Alhamdulillah. Ada pula Al-Bayyinah, At-Tin, Al-Fath, Al-Baqarah 183, Al-Ma’un, Yusuf 4.

  1. Ali ‘Imran 159
  2. Al-Fil
  3. Al-Insyirah
  4. Inna Lillahi
  5. Al-‘Alaq
  6. Alhamdulillah
  7. Al-Bayyinah
  8. At-Tin
  9. Al-Fath
  10. Al-Baqarah 183
  11. Al-Ma’un
  12. Yusuf 4

Pencarian: al baqarah 157, al fatihah dan arti, quran surat al maun, surat 12 ayat 6, surat al-furqan ayat 63

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: