Surat At-Talaq Ayat 8

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَكَأَيِّن مِّن قَرْيَةٍ عَتَتْ عَنْ أَمْرِ رَبِّهَا وَرُسُلِهِۦ فَحَاسَبْنَٰهَا حِسَابًا شَدِيدًا وَعَذَّبْنَٰهَا عَذَابًا نُّكْرًا

Arab-Latin: Wa ka`ayyim ming qaryatin 'atat 'an amri rabbihā wa rusulihī fa ḥāsabnāhā ḥisāban syadīdaw wa 'ażżabnāhā 'ażāban nukrā

Artinya: Dan berapalah banyaknya (penduduk) negeri yang mendurhakai perintah Tuhan mereka dan Rasul-rasul-Nya, maka Kami hisab penduduk negeri itu dengan hisab yang keras, dan Kami azab mereka dengan azab yang mengerikan.

« At-Talaq 7At-Talaq 9 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Surat At-Talaq Ayat 8

Paragraf di atas merupakan Surat At-Talaq Ayat 8 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Didapati pelbagai penafsiran dari para ulama terhadap kandungan surat At-Talaq ayat 8, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-9. Banyak negeri yang penduduknya durhaka kepada perintah Allah dan perintah Rasulullah, serta mereka bersikukuh dalam pelanggaran dan kekafiran mereka, maka Kami menghisab mereka atas amal-amal mereka di dunia dengan hisab yang berat, Kami mengazab mereka dengan azab yang besar lagi buruk.
9Maka mereka menelan akibat buruk dari pelanggaran dan kekafiran mereka. Akibat yang didapat oleh orang-orang kafir itu adalah kebinasaan dan kerugian yang tidak ada kerugian sesudahnya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

8-9. Banyak sekali negeri yang penduduknya berbuat semena-mena dan berpaling dari perintah Allah dan para rasul-Nya. maka Kami membalas mereka atas dosa-dosa mereka dengan balasan yang berat, dan Kami azab mereka dengan azab yang besar; sehingga mereka merasakan akibat buruk dari kezaliman dan kekafiran mereka. Balasan kekafiran mereka adalah kehancuran di dunia dan azab api neraka di akhirat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

8. Betapa banyak negeri-negeri yang tatkala mereka mengingkari perintah Rabbnya -Subḥānahu- dan perintah para Rasul-Nya -'alaihimussalām, Kami perhitungkan mereka dengan perhitungan yang ketat karena perbuatan buruk mereka, dan Kami siksa mereka dengan siksaan yang pedih di dunia dan di Akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8. وَكَأَيِّن مِّن قَرْيَةٍ عَتَتْ عَنْ أَمْرِ رَبِّهَا وَرُسُلِهِۦ (Dan berapalah banyaknya (penduduk) negeri yang mendurhakai perintah Tuhan mereka dan Rasul-rasul-Nya)
Yakni banyak sekali penduduk berbagai negeri yang melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya.

فَحَاسَبْنٰهَا حِسَابًا شَدِيدًا(maka Kami hisab penduduk negeri itu dengan hisab yang keras)
Allah menghisab mereka atas amal perbuatan yang telah mereka lakukan di dunia.

وَعَذَّبْنٰهَا عَذَابًا نُّكْرًا (dan Kami azab mereka dengan azab yang mengerikan)
Yakni Kami azab penduduk negeri itu dengan azab yang keras di akhirat, sedangkan di dunia Kami azab mereka dengan kelaparan, kekeringan, terbunuh, tenggelam ke dalam tanah, dan dikutuk.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

8. Kebanyakan para penduduk negeri itu bermaiksiat terhadap perintah Tuhan mereka dan utusan-utusanNya. Kemudian Allah menghisab penduduk negri itu dengan hisab yang amat berat di dunia dengan mencabut nyawa mereka (dengan kasar), dan di akhirat dengan mengazab mereka. Allah akan menyiksa mereka dengan siksaan yang tidak biasa dan sangat pedih yaitu siksa neraka.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Betapa banyak} betapa banyak {negeri yang mendurhakai} durhaka dan melanggar {perintah Tuhan mereka dan rasul-rasulNya, maka Kami buat perhitungan terhadap penduduk negeri itu dengan perhitungan yang ketat, dan Kami mengazab mereka dengan azab yang mengerikan} mengerikan dan dahsyat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-10. Allah mengabarkan bahwa Dia membinasakan umat-umat yang mendurhakai para rasul. Banyaknya jumlah mereka dan besarnya kekuatan mereka sama sekali tidak berguna bagi mereka ketika perhitungan amal yang amat dahsyat dan siksaan yang pedih datang, Allah menyiksa mereka karena perbuatan mereka yang buruk. Di samping siksaan dunia, Allah juga menyiapkan siksaan yang dahsyat bagi mereka kelak di Hari Akhir.
“Maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang mempunyai akal,” maksudnya, wahai orang-orang yang berakal yang bisa memahami tanda-tanda kebesaran Allah, dan Dia-lah yang telah membinasakan umat-umat terdahulu karena mereka mendustakan para rasul. Orang-orang setelah mereka juga sama. Tidak ada perbedaan antara kedua golongan tersebut.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Talaq ayat 8: Allah mengabarkan banyaknya penduduk suatu negeri yang melampaui batas dan tidak menjalankan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya ﷺ; Allah mengancam atas penduduk negeri tersebut ketika nanti di yaumul hisab karena sebab apa yang mereka amalkan, dan Allah akan mengadzab penduduknya dengan adzab yang besar di dunia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan tentang pembinasaan-Nya terhadap umat-umat yang melampaui batas dan mendustakan para rasul, bahwa jumlah mereka yang banyak dan kekuatan mereka itu tidak bermanfaat sedikit pun bagi mereka ketika mereka dihisab dengan hisab yang ketat dan ketika mereka mendapat siksa yang pedih.

Yang dimaksud dengan hisab dan azab di sini adalah hisab dan azab di akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Talaq Ayat 8

Dan betapa banyak penduduk dari suatu negeri yang mendurhakai perintah tuhan mereka dan rasul-rasul-Nya, seperti penduduk al-hijr, madyan, sodom, dan gomorah; maka kami buat perhitungan terhadap penduduk negeri itu dengan perhitungan yang ketat, yaitu dengan mengazab mereka di dunia sebanding dengan pembangkangannya; dan kami pun mengazab mereka dengan azab yang mengerikan di akhirat. 9. Sehingga mereka, orang-orang yang mencemoohkan misi para rusul itu, merasakan akibat buruk dari perbuatannya, baik azab di dunia lebih-lebih azab di akhirat, dan akibat perbuatan mereka itu akan disadari oleh mereka di akhirat merupakan kerugian yang besar bagi diri mereka sendiri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penafsiran dari banyak ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat At-Talaq ayat 8 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita bersama. Dukung kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dicari

Terdapat banyak halaman yang tersering dicari, seperti surat/ayat: An-Nisa 146, Al-Ahzab 56, Al-Anfal, Al-Baqarah 168, An-Nur 26, Al-Insyirah 6. Serta Al-Baqarah 152, Al-Jatsiyah, An-Nisa 29, Ali ‘Imran 110, Al-Jumu’ah 10, Thaha.

  1. An-Nisa 146
  2. Al-Ahzab 56
  3. Al-Anfal
  4. Al-Baqarah 168
  5. An-Nur 26
  6. Al-Insyirah 6
  7. Al-Baqarah 152
  8. Al-Jatsiyah
  9. An-Nisa 29
  10. Ali ‘Imran 110
  11. Al-Jumu’ah 10
  12. Thaha

Pencarian: allah subhanahu wa ta'ala memberikan umur kepada luqman sampai, surah an nur ayat 11, surah yunus ayat 18, surah annisa ayat 78, qs. al-hajj ayat 7

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: