Surat As-Shaff Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَىٰ تِجَٰرَةٍ تُنجِيكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ hal adullukum 'alā tijāratin tunjīkum min 'ażābin alīm

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?

« As-Shaff 9As-Shaff 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Dengan Surat As-Shaff Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat As-Shaff Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir penting dari ayat ini. Terdapat aneka ragam penafsiran dari para pakar tafsir terkait makna surat As-Shaff ayat 10, antara lain sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10. Wahai orang-orang yang membenarkan Allah dan RasulNya serta melaksanakan SyariatNya, apakah kalian berkenan aku tunjukkan sebuah bisnis besar yang menyelamatkan kalian dari azab yang pedih?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

10-13. Allah mendorong orang-orang beriman agar berjihad dengan jiwa dan harta mereka: Apakah kalian mau Aku tunjukkan kepada kalian perniagaan yang menguntungkan, yang dapat menyelamatkan kalian dari azab yang pedih?

Yaitu dengan senantiasa beriman kepada Allah dan rasul-Nya, dan berjihad dengan jiwa dan harta demi meninggikan kalimat Allah. Petunjuk yang agung ini lebih baik bagi kalian daripada seluruh perniagaan lainnya jika kalian mengetahui besarnya perniagaan menguntungkan yang istimewa ini; karena Allah akan mengampuni dosa kalian, memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang di bawah istana dan pepohonannya terdapat sungai-sungai air tawar yang mengalir, dan memuliakan kalian dengan tempat tinggal yang indah yang kalian tinggali di surga selamanya. Kedudukan yang mulia ini merupakan kemenangan yang besar.

Dan dalam perniagaan ini terdapat kenikmatan lain yang kalian sukai, yaitu pertolongan dari Allah dan kemenangan yang segera datang. Hai Rasulullah, sampaikanlah kepada orang-orang beriman tentang perniagaan besar yang istimewa ini.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan menjalankan apa yang disyariatkan bagi mereka, maukah kalian Aku tuntun dan Aku tunjukkan kepada suatu perniagaan yang menguntungkan, yang menyelamatkan kalian dari siksa yang menyakitkan?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَىٰ تِجٰرَةٍ تُنجِيكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ (Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?)
Allah menjadikan amalan tersebut seperti perniagaan, sebab mereka akan mendapat keuntungan seperti dalam perniagaan, yaitu dengan dapat masuk surga dan selamat dari neraka. Dan perdagangan ini dijelaskan dalam dua ayat setelah ayat ini. Makna ayat dua ayat tersebut bahwa keimanan dan jihad adalah harga surga yang ditetapkan Allah, dan itu merupakan perniagaan yang menguntungkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Wahai orang-orang mukmin yang beriman kepada Allah dan RasulNya. Apakah (kalian senang) jika Aku menunjukkan kalian pada amal yang menguntungkan di bidang perniagaan yang apabila dilakukan akan menjadikan kalian masuk surga, menyelamatkan dari neraka dan membebaskan kalian dari azab yang pedih dan menyakitkan pada hari kiamat? Amalan itu adalah keimanan dan jihad yang keduanya dijelaskan pada ayat selanjutnya. Ibnu Jarir dari Shalih berkata: “Mereka berkata: “Mungkinkah kami mengetahui amal yang paling dicintai oleh Allah?” Kemudian turunlah ayat ini dan mereka membenci jihad, lalu turunlah ayat yang sebelumnya {Lima taquuluna maa laa taf’aluun}“


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wahai orang-orang yang beriman, maukah kalian Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kalian dari azab yang pedih


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. Ini adalah wasiat, petunjuk, dan arahan dari Allah Yang Maha Pemurah di antara para pemurah terhadap para hamba-hambaNya yang beriman, kepada bisnis terbesar, tuntutan paling luhur dan tujuan paling tinggi, yang jika didapat, akan menyelamatkan dari azab yang pedih dan mendapatkan kenikmatan abadi. Allah menyebutkan kata penawaran yang menunjukkan bahwa hal ini adalah sesuatu yang diinginkan oleh orang yang bersabar dan yang berakal.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-13
Ayat 10-13
Telah disebutkan dalam hadits Abdullah bin Salam bahwa para sahabat ingin menanyakan kepada Rasulullah SAW tentang amal perbuatan yang paling disukai di sisi Allah SWT agar mereka bisa mengerjakannya. Maka Allah menurunkan surah ini, yang antara lain adalah ayat ini: (Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (10) Kemudian perniagaan yang besar yang tidak akan mengalami kerugian yang dapat mengantarkan untuk meraih tujuan dan melenyapkan semua halangan itu ditafsirkan oleh firman Allah SWT: ((Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya (11)) yaitu daripada perniagaan dunia, bersusah payah untuknya dan menyibukkan diri hanya dengannya saja. Kemudian Allah SWT berfirman: (niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu) yaitu, jika kalian mengerjakan apa yang Aku perintahkan kepada kalian dan apa yang Aku tunjukkan kepada kalian, maka Aku akan mengampuni kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang penuh dengan tempat-tempat tinggal yang baik serta derajat yang tinggi. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar) Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai) yaitu, dan Aku menambahkan kepada kalian selain dari itu hal yang kalian sukai, yaitu: (pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya)) yaitu apabila kalian berperang di jalan Allah dan menolong agamaNya, maka Allah akan menjamin menolong kalian. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (7)) (Surah Muhammad) dan (Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa) (Surah Al-Hajj: 40)
Firman Allah SWT: (dan kemenangan yang dekat) yaitu segera kejadiannya. Tambahan ini merupakan kebaikan dunia yang disambung dengan kenikmatan akhirat bagi orang-orang yang taat kepada Allah, RasulNya, serta menolong Allah dan agamaNya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Shaff ayat 10: Allah menunjukkan kepada orang-orang yang beriman dari hamba-Nya dengan menunjukkan perdagangan yang menguntungkan di dunia dan akhirat, Allah berkata : Apakah aku telah menunjukkan kepada kalian wahai orang-orang yang beriman atas perdagangan yang besar dan menguntungkan, yang buahnya adalah selamat dari adzab yang pedih di dunia dan akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ini merupakan wasiat, petunjuk dan bimbingan dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala Tuhan Yang paling sayang kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin terhadap perdagangan yang paling menguntungkan, dimana setelahnya mereka akan memperoleh keselamatan dari azab yang pedih dan memperoleh surga yang penuh kenikmatan. Allah Subhaanahu wa Ta'aala menggunakan kata-kata tawaran yang menunjukkan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang paling diinginkan oleh orang-orang yang berpandangan tajam, seakan-akan ada jawaban dari mereka, “Apa perdagangan yang begitu menguntungkan ini?”


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Shaff Ayat 10

Wahai orang-orang yang beriman di mana pun dan pada zaman apa pun kamu hidup! maukah kamu aku tunjukkan melalui bimbingan rasulullah suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih di akhirat'11. Bisnis yang menyelamatkan manusia dari azab itu adalah kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya dengan mantap dan kokoh dan berjihad di jalan Allah, yaitu berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan islam dan kaum muslim, serta membela hak, martabat dan kehormatan kaum muslim dari serangan musuh-Musuh islam dengan harta dan jiwa kamu hingga kamu mati syahid. Itulah yang lebih baik bagi kamu, dalam berbisnis dengan Allah, jika kamu mengetahui, kebaikan dan keuntungan beriman dan berjihad dengan benar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari kalangan mufassir terhadap kandungan dan arti surat As-Shaff ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk ummat. Dukung perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dilihat

Tersedia berbagai halaman yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Ikhlas, Al-Kautsar, Yasin, Al-Waqi’ah, Ayat Kursi, Al-Mulk. Serta Asmaul Husna, Ar-Rahman, Do’a Sholat Dhuha, Al-Baqarah, Shad 54, Al-Kahfi.

  1. Al-Ikhlas
  2. Al-Kautsar
  3. Yasin
  4. Al-Waqi’ah
  5. Ayat Kursi
  6. Al-Mulk
  7. Asmaul Husna
  8. Ar-Rahman
  9. Do’a Sholat Dhuha
  10. Al-Baqarah
  11. Shad 54
  12. Al-Kahfi

Pencarian: surat at-takasur, 124 artinya, surat al hujurat ayat 10 dan 12, surat al isra ayat 23-24 latin dan artinya, surah an najm ayat 39-42

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: