Quran Surat Al-Waqi’ah Ayat 51

ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا ٱلضَّآلُّونَ ٱلْمُكَذِّبُونَ

Arab-Latin: ṡumma innakum ayyuhaḍ-ḍāllụnal-mukażżibụn

Terjemah Arti: Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan,

Tafsir Quran Surat Al-Waqi’ah Ayat 51

51. Kemudian sesungguhnya kalian wahai orang-orang yang mendustakan kebangkitan, yang sesat dari jalan yang lurus,

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

51-56. Hai orang-orang yang sesat dan mendustakan kebangkitan; setelah dibangkitkan, kalian akan memakan buah Zaqqum yang memiliki rasa yang mengerikan, kalian akan memenuhi perut kalian dengan buah itu; setelah itu kalian akan meminum air mendidih yang sangat panas, dan kalian akan meminumnya dengan lahap seperti unta yang kehausan. Itulah azab dari makanan yang disiapkan bagi mereka pada hari kiamat.

📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

51. Kemudian kalian wahai orang-orang yang tersesat dari kebenaran, yang mengingkari keberadaan Allah dan keesaanNya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

51-56. Katakanlah wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang musyrik : Sesungguhnya kalian wahai orang-orang yang tersesat dari jalan tauhid dan hidyah, serta mengingkari hari kebangkitan, kalian akan diberikan makanan dari pohon zaqum, dan ia adalah pohon yang dilaknat, yang tidak enak dilihat dan dimakan. Kalian akan memakannya sampai memenuhi perut-perut kalian. Kemudian kalian akan minum air yang mendidih dengan sebab haus yang sangat yang kalian rasakan, akan tetapi minuman itu tidak menghilangkan dahaga; Kalian minum akan tetapi tidak menghilangkan haus, sebagaimana unta yang sangat haus yang tidak menumukan minuman air. Kemudian ketahuilah bahwa makanan dan minuman ini adalah sajian bagi kalian yang disiapkan di hari kiamat.

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

51-53. “Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat,” dari jalan hidayah dan mengikuti jalan kebinasaan, “lagi mendustakan” Rasulullah dan apa yang beliau bawa berupa kebenaran, janji dan ancaman, “benar-benar akan memakan pohon zaqqum,” yaitu pohon yang paling jelek, paling busuk baunya, dan buruk kelihatannya, “dan akan memenuhi perutmu dengannya.” Yang mengharuskan mereka memakannya meskipun begitu busuknya, adalah karena rasa lapar yang sangat yang membuat hati mereka bergejolak dan hampir-hampir membuat jantung mereka terpotong-potong. Makanan yang sama sekali tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Dari petunjuk baik ilmu maupun amal.

Yakni mendustakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan apa yang Beliau bawa berupa kebenaran, janji dan ancaman.

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

51-53. Kemudian pada kehidupan di akhirat itu, sesungguhnya kamu wahai orang-orang yang sesat dan selalu berbuat dosa dan maksiat lagi mendustakan ayat-ayat Allah dan dakwah nabi, pasti kamu akan memakan buah pohon zaqqum yang sangat pahit dan tidak enak, dan ketahuilah bahwa kamu tidak hanya memakan satu buah, melainkan akan penuh perutmu dengannya akibat makan dalam jumlah banyak

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 056. Al-Waqi'ah