Surat Al-Qamar Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

حِكْمَةٌۢ بَٰلِغَةٌ ۖ فَمَا تُغْنِ ٱلنُّذُرُ

Arab-Latin: ḥikmatum bāligatun fa mā tugnin-nużur

Artinya: Itulah suatu hikmah yang sempurna maka peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka).

« Al-Qamar 4Al-Qamar 6 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Mengenai Surat Al-Qamar Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir mendalam dari ayat ini. Tersedia berbagai penjabaran dari para ahli ilmu berkaitan makna surat Al-Qamar ayat 5, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Al-Quran yang datang kepada mereka ini adalah hikmah besar dan mendalam sekali. Maka peringatan apakah yang berguna bagi kaum yang berpaling dan mendustakannya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Dan yang datang kepada mereka adalah hikmah yang sempurna agar hujah sampai ke mereka, maka peringatan tidak berguna bagi orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan hari akhir.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5. حِكْمَةٌۢ بٰلِغَةٌ ۖ (Itulah suatu hikmah yang sempurna)
Yakni al-Qur’an merupakan hikmah yang sempurna yang tidak ada kekuarangan di dalamnya.

فَمَا تُغْنِ النُّذُرُ(maka peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka))
Yakni peringatan tidak akan bermanfaat bagi orang-orang yang durhaka, karena kedurhakaan mereka memalingkan mereka dari menerima kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Al-Qur’an ini beserta ayat-ayat yang terkandung di dalamnya adalah pelajaran yang jelas dan hikmah yang sempurna bagi setiap orang yang berakal. Lalu apakah peringatan-peringatan itu akan berguna bagi orang yang bersikeras, teguh dan tetap pada kekufuran?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{hikmah yang sempurna} Al-Qur’an itu merupakan hikmah yang sempurna {tetapi peringatan-peringatan itu tidak berguna


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

5. Itulah “suatu hikmah,” dari Allah yang “sempurna,” agar hujjah tegak untuk seluruh alam sehingga tidak seorang pun memiliki alasan kepada Allah setelah diutusnya para rasul. “Maka peringatan-peringatan itu tiada berguna (bagi mereka).” Seperti yang disebut dalam Firman Allah
“meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan azab yang pedih.”–Yunus:97-


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT memberitahukan tentang dekatnya hari kiamat, habisnya dunia serta keruntuhannya, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Telah pasti datangnya ketetapan Allah) (Surah An-Nahl: l) Dan Allah SWT berfirman (Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedangkan mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (darinya) (1)) (Surah Al-Anbiya’)
Diriwayatkan dari Sahl bin Sa'd, dia berkata,”Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:”Aku diutus sedangkan aku dan hari kiamat seperti ini” seraya mengisyaratkan dengan kedua jarinya, yaitu jari telunjuk dan jari tengah.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik, bahwa penduduk Makkah meminta kepada Nabi SAW untuk memperlihatkan suatu mukjizat, maka beliau memperlihatkan kepada mereka bulan yang terbelah menjadi dua, sehingga mereka melihat celah di antara keduanya
Firman Allah SWT: (Dan jika mereka (orang-orang musyrik) melihat suatu tanda) yaitu dalil, hujjah, dan bukti (mereka berpaling) yaitu tidak mau tunduk kepadanya, bahkan berpaling darinya dan meninggalkannya (dan berkata.”(Ini adalah) sihir yang terus-menerus") Mereka berkata,"Bukti-bukti yang kita lihat ini adalah sihir yang dia lemparkan kepada kami" Makna (mustamir) adalah yang akan lenyap. Pendapat ini dikatakan Mujahid, Qatadah dan selain keduanya. yaitu bathil dan surut, tidak kekal (Dan mereka mendustakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka) yaitu, mereka mendustakan kebenaran jika kebenaran itu datang kepada mereka, dan mereka hanya mengikuti pendapat dan hawa nafsu mereka karena kebodohan dan kepicikan akal mereka.
Firman Allah: (sedangkan tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya) Qatadah berkata maknanya adalah bahwa kebaikan itu hanya dilakukan oleh orang yang sering melakukan kebaikan, dan keburukan itu hanya dilakukan oleh orang yang sering melakukan keburukan.
Firman Allah SWT (Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka beberapa kisah) yaitu berita-berita dan kisah-kisah umat-umat yang mendustakan para rasul; dan pembalasan, siksa dan azab yang menimpa mereka, yang terdapat dalam Al-Qur'an (yang di dalamnya terdapat cegahan (dari kekafiran)) yaitu, pelajaran yang mencegah mereka dari kemusyrikan dan terus-menerus mendustakan para rasul.
Firman Allah SWT: (itulah suatu hikmah yang sempurna) yaitu terkait petunjuk Allah SWT kepada orang yang Dia beri petunjuk, dan tentang penyesatanNya kepada orang yang Dia sesatkan (maka peringatan-peringatan itu tiada berguna (bagi mereka)) yaitu, tidak ada gunanya peringatan-peringatan itu bagi orang yang telah ditetapkan Allah untuk celaka dan hatinya telah dikunci mati, lalu siapakah yang dapat memberinya petunjuk selain Allah? Ini sebagaimana firmanNya SWT: (Katakanlah, "Allah mempunyai hujjah yang jelas lagi kuat; maka jika Dia menghendaki, pasti Dia memberi petunjuk kepada kamu semuanya” (149)) (Surah Al-An'am) Demikianlah firman Allah SWT: (Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman) (Surah Yunus: 101)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 5: Allah menjelaskan bahwa Al Qur’an ini terdapat hikmah yang nyata dan sempurna yang datang dari Allah kepada mereka, untuk menegakkan hujjah kepada mereka para pengingkar, sehingga mereka tidak memiliki udzur, tidak juga berguna janji mereka dan kesombongan mereka sedikitpun; Karena sebab kesombongan mereka, menyebabkan mereka berpaling dari kebenaran.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Agar hujjah menjadi tegak terhadap orang-orang yang meyelisihi, dan tidak ada seorang pun yang dapat beralasan lagi di hadapan Allah Subhaanahu wa Ta'aala.

Ayat ini seperti firman Allah Ta’ala di surah Yunus: 97: “Meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan azab yang pedih.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 5

5-6. Wahai nabi Muhammad, peristiwa-peristiwa yang engkau sam-paikan kepada umatmu adalah hikmah, yaitu ilmu amaliah dan amal ilmiah, yang sempurna kebenaran dan kejelasannya. Tetapi, sesungguhnya peringatan-peringatan itu tidak berguna bagi mereka. Maka, berpalinglah engkau dari mereka! orang musyrik itu akan menghadapi masa yang mengerikan, yaitu pada hari ketika penyeru, ketika malaikat atau utusan-Nya, mengajak mereka kepada sesuatu yang tidak menyenangkan, yaitu datangnya kiamat dan keharusan setiap orang mempertanggung jawabkan perbuatannya. 5-6


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjelasan dari para mufassir berkaitan isi dan arti surat Al-Qamar ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dicari

Tersedia banyak halaman yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Luqman 12, Al-Baqarah 156, Yusuf 87, Ali ‘Imran 173, An-Nahl 97, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah. Juga At-Taubah 103, At-Talaq 3, Al-Kautsar 2, Az-Zalzalah 7-8, Al-Baqarah 255, An-Nahl.

  1. Luqman 12
  2. Al-Baqarah 156
  3. Yusuf 87
  4. Ali ‘Imran 173
  5. An-Nahl 97
  6. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  7. At-Taubah 103
  8. At-Talaq 3
  9. Al-Kautsar 2
  10. Az-Zalzalah 7-8
  11. Al-Baqarah 255
  12. An-Nahl

Pencarian: almaidah 3, as saba ayat 10, surat al mujadalah ayat, surah ibrahim ayat 5, surat al baqarah ayat 263

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: