Surat An-Najm Ayat 57

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَزِفَتِ ٱلْءَازِفَةُ

Arab-Latin: Azifatil-āzifah

Artinya: Telah dekat terjadinya hari kiamat.

« An-Najm 56An-Najm 58 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Tentang Surat An-Najm Ayat 57

Paragraf di atas merupakan Surat An-Najm Ayat 57 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah berharga dari ayat ini. Diketemukan beragam penjelasan dari kalangan ulama terhadap makna surat An-Najm ayat 57, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

57-58. Hari Kiamat sudah dekat, waktunya tidak lama lagi, tidak ada seorang pun yang dapat menolaknya selain Allah. Dan tidak ada yang mengetahui waktunya kecuali Allah semata.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

57. Kiamat yang dekat sudah mendekat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

57. أَزِفَتِ الْاٰزِفَةُ (Telah dekat terjadinya hari kiamat)
Yakni hari kiamat tidak akan lama lagi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

57. Kiamat itu semakin mendekat, kejadiannya pasti terjadi, Itu lebih dekat dengan apa yang berlalu di dunia.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(Hari Kiamat) yang dekat semakin mendekat} hari kiamat semakin mendekat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

57. “Telah dekat terjadinya Hari Kiamat,” artinya, kiamat telah dekat waktunya dan tanda-tandanya sudah jelas.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 56-62
(Orang ini adalah seorang pemberi peringatan) yaitu nabi Muhammad SAW (di antara pemberi-pemberi peringatan yang telah terdahulu) yaitu salah seorang dari mereka, dia diutus sebagaimana mereka diutus, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul) (Surah Al-Ahqaf: 9)
(Telah dekat terjadinya hari kiamat (57)) yaitu hampir tiba masanya hari kiamat terjadi (Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah (58)) yaitu, jadi tidak ada yang dapat menolaknya selain Allah, dan tidak ada yang dapat mengetahui waktunya kecuali Dia Kemudian Allah SWT berfirman, seraya membantah orang-orang musyrik karena mereka mendengar Al-Qur'an, tetapi berpaling darinya dan meremehkannya (kamu merasa heran) jika pemberitahuan itu benar (dan kamu menertawakan) karena memperolok-olokkan dan mengejek Al-Qur'an (dan tidak menangis?) Sebagaimana yang dilakukan orang-orang yang meyakininya, sebagaimana Allah memberitahukan tentang mereka (Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk (109)) (Surah Al-Isra’)
Firman Allah SWT: (Sedangkan kamu melengahkan (nya) (61)) Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia bekata bahwa makna yang dimaksud adalah menyanyi. Ini menurut dialek orang-orang Yaman. Dikatakan “asmid lana” yaitu menyanyilah untuk kami. Demikian juga dikatakan Ikrimah. Dalam riwayat lain tentang firmanNya: (Sedangkan kamu melengahkan (nya)) yaitu berpaling darinya Kemudian Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada para hambaNya untuk bersujud dan beribadah kepadaNya, mengikuti RasulNya dan mengesakan Tuhan dengan keikhlasan. (Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia) (62)) yaitu tunduklah dan ikhlaslah kepadaNya, serta esakanlah Dia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Najm ayat 57: 56-58. Ketahuilah wahai manusia bahwasanya Muhammad ﷺ adalah utusan yang diutus Allah sebagaimana diutusnya Nabi yang mereka semua Allah kirimkan untuk manusia. Allah menjelaskan bahwa zaman telah tiba masanya (kiamat), dan tidak ada yang menahannya selain Allah, sebagaimana tidak mengetahui waktu terjadinya satupun di antar manusia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dan telah tampak tanda-tandanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Najm Ayat 57

57-58. Di antara peringatan nabi Muhammad adalah kepastian akan datangnya hari kiamat yang semakin hari semakin dekat. Sesuatu yang dekat, yaitu hari kiamat, kedatangannya telah makin mendekat dan tidak ada seorang pun yang akan dapat mengungkapkan kapan hari itu tiba, selain Allah yang telah menetapkannya sejak zaman azali


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari berbagai mufassirun terhadap isi dan arti surat An-Najm ayat 57 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita. Dukung dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dibaca

Telaah ratusan konten yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: An-Nahl, Al-Baqarah 255, Al-Baqarah 156, Luqman 12, Yusuf 87, An-Nahl 97. Juga At-Talaq 3, Ali ‘Imran 173, Az-Zalzalah 7-8, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 103, Al-Kautsar 2.

  1. An-Nahl
  2. Al-Baqarah 255
  3. Al-Baqarah 156
  4. Luqman 12
  5. Yusuf 87
  6. An-Nahl 97
  7. At-Talaq 3
  8. Ali ‘Imran 173
  9. Az-Zalzalah 7-8
  10. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  11. At-Taubah 103
  12. Al-Kautsar 2

Pencarian: ayat alquran tentang ibadah haji, teks surat al lail, surah yasin terjemahan indonesia, terjemahan surah al bayyinah, ayat kursi latin dan terjemahannya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: