Surat An-Najm Ayat 36

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَمْ لَمْ يُنَبَّأْ بِمَا فِى صُحُفِ مُوسَىٰ

Arab-Latin: Am lam yunabba` bimā fī ṣuḥufi mụsā

Artinya: Ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa?

« An-Najm 35An-Najm 37 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Berkaitan Surat An-Najm Ayat 36

Paragraf di atas merupakan Surat An-Najm Ayat 36 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah menarik dari ayat ini. Didapatkan beraneka penjelasan dari beragam ahli ilmu terkait kandungan surat An-Najm ayat 36, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

36-37. Apakah dia belum memberi tahu tentang apa yang ada pada lembaran-lembaran Taurat dan shuhuf Ibrahim yang memenuhi apa yang diperintahkan kepadanya dan menyampaikannya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

36. Ataukah dia hanya mengada-ada atas nama Allah? Ataukah orang yang mengada-ada atas nama Allah ini belum diberitahu apa yang ada pada lembaran-lembaran pertama yang diturunkan kepada Musa,


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

36-38

Beberapa pemimpin meminta seorang laki-laki, tetapi laki-laki itu menjauh darinya, lalu dia mengambil saudaranya dan berkata kepadanya: Jika kamu membawa saudaramu, kalau tidak aku akan dipukuli lehermu, Laki-laki itu berkata: Bagaimana menurutmu jika aku membawa surat dari Amirul Mukminin, kamu akan melepaskanku? pemimpin itu berkata: Benar, Orang itu berkata: Aku membawakanmu surat dari Dzat Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang, dan aku akan menunjuk dua orang saksi untuk itu: Musa dan Ibrahim : { أَمْ لَمْ يُنَبَّأْ بِمَا فِى صُحُفِ مُوسَىٰ } "Ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa?" [36], { وَإِبْرَٰهِيمَ ٱلَّذِى وَفَّىٰٓ } "Dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji?" [37], { أَلَّا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ } "(yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain" [38]. Maka berkata sang pemimpin: Biarkan dia pergi.. Ini adalah orang yang telah menguasai argumennya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

36. Ataukah belum dikabarkan (kepadanya) apa yang ada dalam lembaran-lembaran Taurat, yang terpilih untuk didekati dan dipelajari.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah belum diberitakan} belum dikabarkan {kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

36-37. “Ataukah belum diberitakan” kepada orang yang mengaku itu, “apa yang ada dalam lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji,” yakni, menunaikan semua ujian yang dibebankan Allah kepadanya serta perintah-perintah syariat, pokok, dan cabang Agama.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 33-41
Allah SWT berfirman seraya mencela orang-orang yang berpaling dari ketaatan kepada Allah (Dan ia tidak mau membenarkan (Rasul dan Al-Qur'an) dan tidak mau mengerjakan shalat (31) tetapi ia mendustakan (Rasul) dan berpaling (dari kebenaran) (32)) (Surah Al-Qiyamah) dan (serta memberi sedikit dan tidak mau memberi lagi? (34)) Ibnu Abbas berkata yaitu taat sebentar, kemudian berhenti. Demikian juga dikatakan Mujahid, Sa'id bin Jubair, Ikrimah, Qatadah dan lainnya.
Firman Allah SWT: (Apakah dia mempunyai pengetahuan tentang yang gaib sehingga dia mengetahui? (35)) yaitu apakah orang yang menggenggamkan tangannya, tidak mau berinfak, tidak mau berbuat kebaikannya dan mengetahui hal yang ghaib bahwa apa yang ada di tangannya akan habis, yang karenanya dia tidak mau berbuat kebaikan, maka apakah dia melihat akibat itu dengan matanya sendiri? yaitu perkaranya tidak demikian. Sesungguhnya dia menggenggamkan tangannya dari bersedekah dan berbuat kebaikan, dan silaturahmi -mata karena kekikirannya.
Firman Allah SWT: (Ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa? (36) Dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji? (37)) Sa’id bin Jubair berkata bahwa makna yang dimaksud adalah menyampaikan semua yang diperintahkan kepadanya.
Qatadah berkata tentang firmanNya (menyempurnakan janji) karena ketaatannya kepada Allah dan menyampaikan risalahNya kepada makhlukNya. Pendapat inilah yang dipilih Ibnu Jarir. Pendapat ini diperkuat dengan firman Allah SWT: (Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”) (Surah Al-Baqarah: 124) Maka dia mengerjakan semua perintah itu, meninggalkan semua larangan, dan menyampaikan risalah dengan lengkap dan sempurna. Maka dia berhak menjadi pemimpin bagi seluruh manusia yang dijadikan panutan dalam semua keadaan, ucapan, dan perbuatan. Allah SWT berfirman: (Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif " dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan (123)) (Surah An-Nahl)
Firman Allah SWT: (Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya) (40)) yaitu pada hari kiamat, sebagaimana firmanNya: (Dan katakanlah, "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (105)) (Surah At-Taubah) yaitu Dia akan memberitahukan kepada kalian tentang itu dan membalaskan kalian dengan pembalasan yang sempurna. Jika kebaikan, maka balasannya kebaikan; dan jika keburukan, maka balasannya keburukan. Demikianlah Allah berfirman di sini: (Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna (41)) yaitu, yang penuh


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Najm ayat 36: 36-37. Allah berkata : Apakah belum sampai kabar orang yang menyeru dengan apa yang ada di dalam Taurat yang diturunkan Allah kepada musa, atau dengan apa yang datang dari lembaran-lembaran Ibrahim yang sempurna atas perintah Allah ?!!!


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni kepada orang yang mengaku itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Najm Ayat 36

36-37. Ingkar dan kikir merupakan sifat tercela dan dia telah mendapat tuntunan untuk menghindarinya. Apakah dia memang ingkar ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran kitab suci yang diwahyukan kepada nabi musa' dan apakah dia juga mengingkari tuntunan wahyu yang terdapat pada lembaran-lembaran yang diwahyukan kepada nabi ibrahim yang selalu menyempurnakan janji kepada Allah'36-37


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari banyak ahli tafsir terhadap makna dan arti surat An-Najm ayat 36 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita. Bantu dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dikunjungi

Ada ratusan materi yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7-8, Al-Kautsar 2, An-Nahl, An-Nahl 97, Al-Baqarah 255, Ali ‘Imran 173. Ada pula At-Taubah 103, Luqman 12, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, At-Talaq 3, Al-Baqarah 156, Yusuf 87.

  1. Az-Zalzalah 7-8
  2. Al-Kautsar 2
  3. An-Nahl
  4. An-Nahl 97
  5. Al-Baqarah 255
  6. Ali ‘Imran 173
  7. At-Taubah 103
  8. Luqman 12
  9. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  10. At-Talaq 3
  11. Al-Baqarah 156
  12. Yusuf 87

Pencarian: quran surah albaqarah ayat 164, quran surat fussilat ayat 44, an nas ayat 1, falaq surah, surat at taubah ayat 19

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: